161 calon mahasiswa lolos SNMPTN 2021 di ISI Denpasar

161 calon mahasiswa lolos SNMPTN 2021 di ISI Denpasar

Rektor ISI Denpasar I Wayan "Kun" Adnyana. ANTARA/HO-ISI Denpasar.

Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 161 calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2021/2022 di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar berdasarkan pengumuman Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

"Kampus kami memiliki tampung 675 orang berdasarkan Surat Keputusan Rektor ISI Denpasar Nomor 234/IT5.4/SP/2021 tentang Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister dan Doktor," kata Rektor ISI Denpasar I Wayan "Kun" Adnyana di Denpasar, Senin.

Dalam pengumuman hasil SNMPTN Tahun Akademik 2021/2021 lewat laman resmi, https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id itu, siswa yang lolos SNMPTN ISI Denpasar sebanyak 161 orang, termasuk 22 orang dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Kun Adnyana menambahkan khusus untuk mahasiswa baru jalur SMPTN hampir mencapai target 172 orang. Selanjutnya, akan dilakukan seleksi masuk lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan daya tampung 231 orang. Seleksi terakhir adalah Jalur Mandiri sebanyak 272 kursi.

"Jadi formatnya masih sama, yakni jalur SNMPTN dan SBMPTN masing-masing 30 persen. Sisanya, perguruan tinggi negeri melakukan seleksi Jalur Mandiri," ujar mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali itu.

Baca juga: Mendikbud lantik Prof "Kun" Adnyana sebagai Rektor ISI Denpasar

Rektor yang baru dilantik beberapa hari lalu itu, optimistis peminat calon mahasiswa baru yang masuk ISI Denpasar semakin variatif dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pihaknya juga meminta calon mahasiswa aktif mengakses informasi tentang jadwal dan tahapan-tahapan seleksi agar tidak ketinggalan.

Berdasarkan hasil SNMPTN 2021 di ISI Denpasar, sebaran calon mahasiswa, yaitu Prodi Desain Interior (12), Prodi Desain Komunikasi Visual (24), Prodi Desain Mode (15), Prodi Fotografi (12), Prodi Kriya (6), Prodi Seni Murni (15), Prodi Film dan Televisi (12), Prodi Karawitan (24), Prodi Musik (6), Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan (24), Prodi Tari (10), dan Prodi Pedalangan (1).

Kepada peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2021, wajib melihat syarat, ketentuan, dan jadwal registrasi (daftar ulang) yang dapat dilihat di website/laman PTN tujuan masing-masing, sedangkan bagi peserta KIP Kuliah harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

Dalam pengumuman bernomor 06/Kep. LTMPT/2021 tentang Peserta Lulus SNMPTN yang ditandatangani Ketua LTMPT Mohammad Nasih itu, peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2021 pada 126 PTN/politeknik negeri/11 PTKIN se-Indonesia sebanyak 110.459 orang.

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh masing-masing rektor PTN. Pendaftar total (siswa eligible dan sudah finalisasi) sebanyak 595.093 orang yang berasal dari 17.436 sekolah yang telah melakukan finalisasi di seluruh Indonesia, termasuk sekolah RI di luar negeri.

Berdasarkan jumlah siswa yang dinyatakan lulus tersebut, terdiri atas 80.555 orang peserta reguler dan 29.904 siswa sebagai pelamar KIP Kuliah (calon penerima bantuan biaya pendidikan tinggi dari pemerintah).

Baca juga: Rektor ISI: Kualitas seni tidak boleh menurun saat pandemi
Baca juga: Wagub: ISI Denpasar kuatkan desain interior berbasis budaya Bali
Baca juga: ISI Denpasar kenang jasa penulis buku "The Island of Bali"
Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021