Surabaya (ANTARA) - Sekitar 6.821 karyawan dan pensiunan Petrokimia Gresik diikutkan dalam vaksinasi COVID-19 program "Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN" yang diinisasi Kementerian BUMN dan dipusatkan di Kompleks Grand City Mall, Surabaya.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di Gresik, Selasa mengatakan, vaksinasi karyawan di SVB merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah memerangi COVID-19.

Sebanyak 6.821 karyawan itu terdiri dari tenaga alih daya, pensiunan, serta orang tua karyawan yang masuk kategori lansia (di atas 60 tahun) dan akan berlangsung bertahap di SVB Jatim.

"Untuk tahap pertama, yaitu pada hari Minggu (28/3) telah dilakukan vaksinasi pada 500 orang, kemudian akan menyusul ratusan karyawan lagi dalam waktu dekat," katanya.

Vaksinasi, kata Dwi, merupakan program yang sangat diperlukan di Petrokimia Gresik untuk menciptakan herd immunity. Mengingat, Petrokimia Gresik merupakan objek vital nasional yang operasional bisnisnya tidak boleh terganggu dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

"Untuk itu, Petrokimia Gresik pun menyambut positif vaksinasi bersama BUMN ini. Mengingat kami merupakan garda terdepan bersama petani dalam rangka menjaga swasembada pangan nasional," kata Dwi.

Vaksinasi untuk Petrokimia Gresik ini juga sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional di tengah wabah COVID-19 tahun 2021. Dimana pertanian merupakan sektor utama pendorong pemulihannya.

"Sebagai sektor pemulih, produktivitas pertanian harus semakin digenjot. Sedangkan Petrokimia Gresik yang merupakan solusi agroindustri harus berperan aktif dalam teknologi pemupukan baik penyaluran pupuk subsidi maupun non-subsidi untuk meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

Selain itu, Petrokimia Gresik juga memiliki Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) yang merupakan garda terdepan perusahaan karena berinteraksi langsung dengan stakeholder, baik distributor, kios, petani maupun pemerintah di daerah.

"Vaksinasi ini dapat mendukung kinerja SPDP yang merupakan ujung tombak Petrokimia Gresik dalam rangka menjaga kinerja perusahaan terus optimal," ujarnya.

Sementara itu, Fitur Kurniawan, salah satu peserta vaksinasi dari Petrokimia Gresik berharap dengan adanya program SVB BUMN dapat mempercepat jangkauan vaksin hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan demikian, harapannya wabah COVID-19 dapat segera berakhir dan kegiatan kemasyarakatan dapat pulih kembali,” ujarnya.
Baca juga: Petrokimia fasilitasi ratusan penyintas COVID-19 donorkan plasma
​​​​​​​

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021