Yang pasti Kemendag terus memantau ketersediaan dan harga jual bahan pokok agar semuanya terkendali baik
Medan (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memastikan stok bahan pokok untuk menghadapi puasa Ramadhan cukup aman dengan harga terkendali.

"Hasil pantauan dan laporan ke Kemendag, stok cukup aman dengan harga terkendali dan pemerintah terus mengawal ketersediaan dan harga jual di pasar," ujar Wamendag di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Wamendag mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan soal stok bahan pokok menjelang Ramadhan usai menyaksikan penandatangan MoU antara PT Bursa Berjangka Jakarta atau Jakarta Futures Exchange (JFX) dan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI).

Baca juga: Kunjungi Pasar Kramat Jati, Mendag: Harga dan pasokan sembako aman

MoU JFX dan AEKI yang dilakukan di Kantor AEKI Sumut itu untuk mendorong sosialisasi dan edukasi tentang perdagangan pasar fisik dan kontrak berjangka komoditas kopi.

"Yang pasti Kemendag terus memantau ketersediaan dan harga jual bahan pokok agar semuanya terkendali baik," ujarnya.

Baca juga: Peneliti ingatkan antisipasi kenaikan harga pangan jelang Ramadan

Pemimpin Wilayah Sumatera Utara Perum Bulog Arif Mandu mengatakan hingga pekan ini stok bahan pokok di provinsi tersebut cukup aman untuk menghadapi Ramadhan.

Meski cukup aman, Bulog terus memperkuat stok, seperti menambah ketersediaan gula dengan meminta tambahan pasokan dari pusat sebesar 500 ton.

Hingga pekan ini, stok gula di Bulog Sumatera Utara sebanyak 58,24 ton. Sementara stok beras terus bertambah mencapai 11.425 ton.

Baca juga: Mentan jamin stok 11 kebutuhan pangan aman hingga Agustus

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021