Jakarta (ANTARA) - Puasa di bulan Ramadhan bukan halangan untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga ibadah berjalan lancar.

Dokter spesialis kedokteran olahraga umumnya menyarankan tetap berolahraga tiga kali dalam seminggu, sementara waktu bisa disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah.

Kebanyakan ahli berpendapat olahraga bisa dilakukan selama 10 hingga 15 menit setelah shalat subuh atau 30 menit menjelang berbuka puasa.

Menjaga tubuh tetap bugar sekarang ini ditunjang dengan teknologi yang akrab digunakan setiap hari, ponsel.

Berikut ini kumpulan perangkat dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu berolahraga selama bulan Ramadhan. Sebelum mengunduh, pastikan membaca izin apa saja yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara mengenalkan puasa pada anak

1. Smartwatch
Jam tangan pintar, smartwatch, atau perangkat wearable pelacak kebugaran menjadi salah satu andalan untuk membantu tubuh tetap bergerak selama bulan Ramadhan.

Jam tangan pintar umumnya dilengkapi dengan fitur pengingat untuk bergerak. Ketika penggunanya terdeteksi banyak duduk atau rebahan selama kurun waktu tertentu, misalnya 60 menit, jam tangan akan memberi notifikasi untuk melakukan peregangan atau berjalan kaki.

Fitur utama pada smartwatch dan fitness tracker berupa penghitung waktu, jarak, detak jantung maupun kalori saat olahraga. Satu perangkat bisa menawarkan hingga 50 mode olahraga berbeda baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

2. Track Yoga
Seperti namanya, aplikasi ini khusus untuk melakukan gerakan-gerakan yoga. Track Yoga berisi video rekaman berisi latihan dan instruksi untuk melakukan gerakan yoga.

Aplikasi ini memiliki beragam pilihan gerakan yoga, baik untuk pemula hingga tingkat mahir, dengan durasi mulai dari 10 menit hingga 35 menit per sesi.

Track Yoga menyediakan pilihan latihan gratis dan berbayar, pengguna bisa mengikuti kelas tematik seperti yoga untuk menghilangkan stres hingga meditasi.

Baca juga: Strategi pasien diabetes berpuasa Ramadhan, olahraga hingga makan

3. 7 Minute Workout
Secara spesifik, aplikasi 7 Minute Workout dirancang untuk membantu memperbaiki fungsi kardiovaskular dan menurunkan berat badan.

Aplikasi ini menawarkan berbagai latihan berbasis high intencity circuit training (HICT) dalam bentuk video berdurasi tujuh menit.

7 Minute Workout mengklaim hanya membutuhkan alat berupa kursi dan dinding dalam latihan-latihan di aplikasi ini.

Aplikasi ini juga menyediakan pembelian di dalam aplikasi atau in-app purchase.

4. Nike Run Club
Aplikasi ini banyak disukai penyuka olahraga lari, berfungsi ibarat media sosial atau komunitas lari.

Nike Run Club akan merekam durasi berlari, selain itu pengguna juga bisa melihat rerata kecepatan, waktu dan jarak tempuh selama latihan.

Pengguna bisa merancang program latihan sesuai dengan kemampuannya dan mengatur target saat berlari. Jika ingin berkompetisi, pengguna bisa mengundang teman untuk mengikuti tantangan.

Nike Run Club bisa dihubungkan ke perangkat berbasis Android Wear OS.

5. Strava
Aplikasi pelacak jarak ini banyak digunakan oleh penyuka lari dan bersepeda, juga menawarkan fitur komunitas virtual.

Strava akan menghitung jarak dan waktu yang ditempuh saat bersepeda, juga berapa banyak kalori yang terbakar.

Strava memiliki fitur untuk membagikan pencapaian berolahraga hari ini, yang bisa dikomentari para pengguna lainnya. Pengguna bisa membagikan rute bersepeda beserta foto dari jalur yang dilalui.

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk lari dan bersepeda, namun, juga yoga, mendaki, panjat tebing hingga berselancar.


Baca juga: Tips puasa sehat bagi pasien jantung salah satunya tidak setop obat

Baca juga: Busui ingin puasa? Berikut cara menyiasatinya

Baca juga: Enam hal agar kulit tetap sehat selama berpuasa

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021