Politeknik Negeri Padang mulai terima mahasiswa baru PSDKU

Politeknik Negeri Padang mulai terima mahasiswa baru PSDKU

Bupati Solok Selatan, Khairunas menerima SK operasional PSDKU dari direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di Padang Aro, Jumat. (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Politeknik Negeri Padang mulai menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) di Tanah Datar, Solok Selatan dan Pelelawan Kepulauan Riau melalui seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN).

"PSDKU di bawah binaan Politeknik Negeri Padang sudah keluar SK operasionalnya dan tahun ini kami mulai menerima mahasiswa baru dan berharap dukungan pemerintah daerah agar program ini bisa berjalan lancar," kata Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di Padang Aro, Jumat.

Penerimaan melalui SBMPN dimulai 10 Mei sampai 10 Juni 2021 dan setelah selesai dilanjutkan melalui jalur mandiri. Khusus untuk Tanah Datar, katanya karena SK operasionalnya sudah lebih dulu keluar maka sudah bisa menerima mahasiswa baru jalur khusus.

"Untuk penerimaan mahasiswa baru ini, sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berharap dukungan pemkab," katanya.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan PSDKU Politeknik Negeri Padang sudah mempersiapkan semuanya dengan matang termasuk kebutuhan dosen.

Baca juga: Kemendikbud resmikan prodi S2 Terapan Politeknik Negeri Padang

Baca juga: Komisi X diharapkan bantu politeknik perjuangkan tunjangan kinerja


Untuk memenuhi kebutuhan guna mengajar PSDKU, Politeknik Negeri Padang sudah merekrut dosen dan sudah diberi pelatihan. "Prinsipnya dosen itu sudah harus ada di saat pengurusan izin dan itu sudah kami persiapkan," ujarnya.

Dari tiga PSDKU di bawah binaan Politeknik Negeri Padang, jelasnya program studinya berbeda-beda yaitu di Solok Selatan Akuntasi dan tekhnik komputer, Tanah Datar teknologi sipil dan sistem informasi serta Pelelawan listrik dan manajemen Informatika.

PSDKU ini merupakan afirmasi dari akademi komunitas yang hanya sampai Diploma II dan sekarang dinaikkan menjadi Diploma III.

Khusus di Solok Selatan, akan menerima 120 mahasiswa baru atau 60 mahasiswa masing-masing prodi dan setelah itu akan dilihat sejauh mana minat masyarakat setempat.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan ke depan setiap Nagari bisa mengirim perwakilan daerahnya untuk kuliah di PSDKU.

"Kami sangat mendukung PSDKU ini di Solok Selatan dan nanti setiap perwakilan Nagari bisa menuntut ilmu di situ guna meningkatkan SDM di Nagari masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Dirjen: Prodi S2 Terapan harus mampu jawab tantangan setelah pandemi

Baca juga: PNP hadirkan peneliti dari mancanegara saat konferensi internasional
Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021