Bubar usai ibadah, Masjid Sunda Kelapa taat prokes shalat Idul Fitri

Bubar usai ibadah, Masjid Sunda Kelapa taat prokes shalat Idul Fitri

Suasana Masjid Sunda Kelapa ketika menjalankan ibadah shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Jakarta, Kamis (13/5/2021). (FOTO ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Masjid Sunda Kelapa di Menteng, Jakarta telah melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah dengan melalukan protokol kesehatan COVID-19 di mana para jamaah shalat id juga langsung membubarkan diri ketika usai ibadah.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis pagi dilaporkan bahwa para jamaah melalukan shalat id dengan berjarak satu sama lain serta memakai masker selama berjalannya ibadah.

Bagian keamanan dan pengawasan Masjid Sunda Kelapa, Aziz, mengatakan pihak masjid memastikan selama berjalannya ibadah jamaah patuh protokol kesehatan, dengan pemeriksaan suhu dilakukan sebelum memasuki tempat ibadah.

Selain itu pihak penyelenggara juga memastikan adanya tempat mencuci tangan dan menyediakan hand sanitizer bagi jamaah. Kapasitas jamaah juga dikurangi.

Aziz mengatakan jumlah yang hadir kurang dari 40 persen dari jumlah yang biasa beribadah sebelum pandemi.

Ketertiban itu juga dikonfirmasi oleh Pradilla, salah seorang warga yang mengikuti shalat di masjid tersebut.

Menurutnya, selama menjalankan shalat di bagian dalam masjid, semua orang tetap memakai masker dan taat melalukan jaga jarak.

Saat shalat usai pun warga langsung membubarkan diri, berjalan kaki kembali ke rumah masing-masing atau menggunakan kendaraan yang diparkir di dekat masjid.

Koordinator Satpol PP Jakarta Pusat yang berjaga di Sunda Kelapa, Alex Limbong, memastikan ibadah telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah, yaitu menjaga protokol kesehatan dan mengurangi kapasitas jamaah.

“Sampai berakhir masih mematuhi protokol, terbukti tidak ada kerumunan saat masuk dan membubarkan diri,” kata Alex ketika ditemui oleh ANTARA saat bertugas.

Baca juga: Hampir semua masjid besar di Jakarta selenggarakan Shalat Id

Baca juga: Masjid Sunda Kelapa terapkan protokol kesehatan saat Shalat Jumat

Baca juga: Masjid Sunda Kelapa tak terapkan aturan ganjil genap saat Shalat Jumat

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021