Garut (ANTARA) - Sebanyak 37 warga satu kampung di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat terkonfirmasi positif COVID-19 hingga akhirnya harus menjalani isolasi di rumah sakit dan kampung itu.

"Sekarang (positif) 37 orang, yang dua di Garut (di rumah sakit), yang 35 di kampung tersebut," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Jumat.

Ia menuturkan kemunculan kasus tersebut bermula dari beberapa orang, kemudian bertambah ada 24 orang terkonfirmasi positif COVID-19 hingga dilaporkan terakhir mencapai 37 orang di kampung itu.

Baca juga: 42 warga Agam terkonfirmasi positif COVID-19 dan 14 sembuh

Sebanyak dua orang, kata dia, harus menjalani perawatan medis di rumah sakit karena kondisi kesehatannya sedang dan berat, sedangkan warga lainnya memilih menjalani isolasi di kampungnya.

"Sebelumnya informasinya hanya 24 orang yang dua orang dirawat di Garut karena gejalanya sedang berat," katanya.

Terkait awal mula penularan kasus itu, Helmi menyatakan belum dapat diketahui karena petugas medis di lapangan masih melakukan penelusuran dan pemeriksaan kesehatan terhadap orang yang sudah kontak fisik dengan pasien positif.

Menurut dia dugaan sementara akibat penularan dari kontak warga lokal, namun orang pertamanya dari mana perlu ditelusuri.
Sejumlah warga menjalani isolasi di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)


"Klaster dari mana ini belum jelas, petugas sedang menelusuri," katanya

Ia menyampaikan Pemkab Garut sudah melakukan antisipasi apabila terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dengan menyiapkan ruang dan tempat tidur untuk perawatan pasien.

Termasuk warga di satu kampung itu, kata dia, diminta untuk dirawat di rumah sakit, namun kebanyakan warga memilih isolasi untuk mendapatkan perawatan medis di kampungnya.

"Sudah kita siapkan tapi masyarakat menginginkan di tempatnya di kampungnya, maka dari puskesmas 'stand by' di lokasi," kata Helmi.***3***

Baca juga: Dinkes Bandung dapati 36 orang positif COVID-19 dari tes antigen acak
Baca juga: Kelurahan Kayu Putih temukan satu pemudik positif COVID-19

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021