MUI Cianjur belajar menghasilkan kader ulama seperti Kabupaten Bogor

MUI Cianjur belajar menghasilkan kader ulama seperti Kabupaten Bogor

MUI Kabupatem Cianjur saat berkunjung ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan.

Bogor (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat belajar untuk menghasilkan kader ulama seperti Kabupaten Bogor melalui Pendidikan Kader Ulama (PKU).

"Kami ingin belajar dan studi banding tentang program Pendidikan Kader Ulama ke MUI Kabupaten Bogor yang sampai saat ini sudah menyelesaikan pengaderan sampai 15 angkatan," ujar Sekretaris Umum MUI Kabupaten Cianjur Saepul Ulum saat dihubungi di Bogor, Minggu.

Menurutnya, setelah mempelajari konsep dan teknis pelaksanaan PKU pada MUI Kabupaten Bogor, MUI Kabupaten Cianjur berencana menyelenggarakan PKU perdana pada tahun ini.

"Setelah belajar dan dapat ilmu dari MUI Kabupaten Bogor bisa lebih lancar dan dirasakan adanya program ini oleh umat," kata Saepul.

Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor Ahmad Mukri Aji mengatakan bahawa PKU adalah keniscayaan untuk mempersiapkan kader ulama seperti ulama-ulama sepuh.

"Bukan hanya dikelas, mahasiswa PKU juga dituntut untuk turun ke lapangan dengan beragam tugas,” katanya lagi.

Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar alias Gus Udin menerangkan bahwa setiap tahun pihaknya menggelar PKU untuk menghasilkan kader ulama berkualitas.

"Hal paling penting dari Pendidikan Kader Ulama adalah distribusi kader melalui pemberian ruang gerak dan ekspresi yang diberikan setelah PKU," kata Gus Udin.

Baca juga: Presiden Jokowi silaturahmi dengan Muslimat NU dan ulama Cianjur
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021