Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menerima sebanyak 148 bus mini dari Kementerian Perhubungan untuk fasilitas transportasi dalam rangka pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Bumi Cenderawasih.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan 148 bus mini ini akan dikirim bersamaan dengan wilayah lain yang menjadi kluster penyelenggara PON XX pada 2021.

"Bus mini tersebut akan digunakan sebagai fasilitas transportasi selama PON berlangsung di Papua," katanya.

Baca juga: Pemkot Jayapura mendukung sepenuhnya PON Papua

Menurut Tomi Mano, dirinya sempat dipanggil oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di mana dalam pertemuan tersebut akhirnya mempertanyakan masalah transportasi PON.

"Setelah ada pergeseran anggaran bagi sub kluster, maka kami akan melakukan kerja sama dengan vendor-vendor untuk sosialisasi PON," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap bus mini tersebut dapat semakin meningkatkan kesiapan dalam bidang transportasi PON.

Baca juga: Pemkot Jayapura gandeng TNI-Polri vaksinasi warga sekitar venue PON XX

"Saya mengajak bupati-bupati dari klaster lainnya untuk turut menyukseskan PON melalui kesiapan wilayahnya masing-masing," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga ingin menyampaikan kepada 34 kontingen di Indonesia bahwa Papua siap menggelar PON XX sehingga jangan takut untuk datang karena Bumi Cenderawasih sudah siap.

Baca juga: Kementerian PUPR serah terimakan empat venue PON kepada Pemprov Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021