TNI AL totalitas dalam memerangi COVID-19
Sidoarjo (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksin masyarakat maritim bertempat di Bandara International T2 Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

"Hari ini kami melihat antusias masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi. Ada 1.500 vaksin yang disiapkan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan itu melibatkan sebanyak 50 orang tenaga kesehatan dari Rumkital dr Soekantyo Jahja Lanudal Juanda Puspenerbal dan vaksinator dari FKPPI Jawa Timur.

"Selain itu ada juga dari Stikes Hang Tuah Surabaya serta relawan lainnya sebagai personel operator komputer membantu pendaftaran, input data sekaligus registrasi, dan pencetakan sertifikat vaksin," katanya.

Ia mengatakan, vaksinasi tersebut akan dilaksanakan secara terus menerus sampai dengan seluruh masyarakat sudah tervaksinasi.

"Untuk pasokan vaksin sampai dengan saat ini masih mencukupi karena pihaknya dibantu dari Kemenkes," ujarnya.

Vaksinasi ini menargetkan sebanyak sebanyak 1.500 orang setiap harinya yang ditujukan kepada prajurit TNI AL, ASN, tenaga kesehatan, keluarga besar TNI AL, tenaga pendidik, pelayan publik, tokoh agama dan masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Baca juga: Kasal tinjau kesiapan pangkalan marinir jadi RS Darurat COVID-19
Baca juga: Kasal tinjau Serbuan Vaksinasi COVID-19 di Semarang


Sejak pelaksanaan vaksinasi mulai tanggal 28 Juni hingga 22 Juli 2021 (selama 24 hari) telah divaksin sebanyak 10.073 orang masyarakat sekitar Juanda.

Pada pelaksanaan vaksinasi, peserta vaksin terlihat antre dan menetapkan prokes dan mengikuti arahan dari petugas panitia dengan duduk di kursi yang telah disediakan.

Kasal menjelaskan, kegiatan serbuan vaksin maritim ini bertujuan untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 dengan melaksanakan vaksin COVID-19 secara massal dengan target 1 juta sehari.

"TNI AL totalitas dalam memerangi COVID-19 diwujudkan dengan mengerahkan seluruh sumber daya manusia dan peralatan yang memungkinkan untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 hingga ke pulau-pulau terpencil dan terluar," katanya

Kasal dalam kegiatan ini didampingi Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M. Han., para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya, kepala dinas jajaran Mabesal dan pejabat lainnya

Baca juga: Seskoal targetkan vaksinasi 1.000 anak prajurit TNI usia 12-17 tahun
Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 di wilayah pesisir Bekasi
Baca juga: TNI AL tunda Latihan Armada Jaya untuk bantu tangani COVID-19

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021