Bandarlampung (ANTARA) - Tim catur putri Lampung, yang tengah bersiap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, menggelar laga uji coba melawan tim putri Sumatera Selatan.

"Dalam uji coba tersebut, Lampung menurunkan tiga atletnya, yaitu Via Lastiningtyas, Skolastika Faustina dan Vioren Carissa," kata Sekretaris Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lampung Ariya Kalif di Bandarlampung, Jumat.

Menurut dia, uji coba tersebut diharapkan mampu menambah jam bermain para atlet sehingga mereka benar-benar siap saat menghadapi pertandingan di PON Papua pada Oktober mendatang.

"Ini yang kedua kali kami menggelar uji coba. Sebelumnya, kami kedatangan atlet catur dari Papua. Sekarang ada teman-teman dari Sumatera Selatan. Kalau tidak ada halangan, bulan September kami juga mengadakan uji coba," ujar Ariya. 

Dia menjelaskan pada uji coba yang menggunakan sistem pertandingan perorangan itu, seluruh pemain bertemu. 

Baca juga: Percasi Lampung bertekad sumbang medali PON Papua 

Lampung menurunkan tiga pecatur, begitu pula dengan Sumatera Selatan. Pada PON Papua mendatang, baik Lampung maupun Sumsel akan saling bertemu dan bertarung untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional. 

Pada kesempatan itu, turut hadir Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo yang memberikan hadiah hiburan kepada pemenang. 

Deni pun berpesan agar pada PON nanti, para atlet, baik dari Lampung maupun Sumsel, dapat tampil secara maksimal dan mampu memberikan yang terbaik untuk daerah masing-masing. 

Dalam laga uji coba tersebut, hadir pula Sekretaris Umum KONI Lampung Subeno, Kabid Audit Internal Lindriana Sari MS, anggota Bidang Organisasi Alfi Darwin dan anggota bidang Media dan Humas Syambara. 

Kemudian, Manajer tim catur PON Lampung Yanuar Irawan, Asisten Manajer Ariya Kalif serta pelatih MN Ricky Rismanto. 

Baca juga: Percasi Sulbar targetkan medali perak pada PON XX Papua 
Baca juga: Atlet biliaar dan catur Papua siap sumbang emas di PON XX 
 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021