Pangkalpinang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan tujuh cabang olahraga dapat meraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua pada Oktober mendatang.

"Kita memiliki peluang medali emas dan perak yang cukup besar di tujuh cabor," kata Ketua KONI Provinsi Kepulauan Babel Elfandi di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyebutkan tujuh cabor yang berpeluang besar meraih medali di PON XX Papua, yaitu atletik, panjat tebing, binaraga, bela diri, gulat, sepak bola putri dan bola basket.

"Kita unggul di beberapa cabang olahraga, dan lawan terberat kita bukan dari Pulau Sumatera, tetapi Papua, DKI dan Jawa Barat," ujar Elfandi. 

Baca juga: Tiga atlet Belitung perkuat tim Babel pada PON Papua 

Menurut dia, cabor unggulan Babel untuk Sumatera tidak ada lawan, di antaranya atletik dan panjat tebing Babel yang berhasil menyapu bersih perolehan medali emas.

"Atletik dan panjat tebing kita paling unggul karena para atletnya memiliki bakat-bakat alam yang sangat baik," tutur Elfandi.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada ajang PON XX tahun ini, KONI Provinsi Kepulauan Babel akan memberangkatkan 80 atlet dan 38 pelatih. Seluruh atlet juga dikabarkan sudah mengikuti pelatihan sejak Januari lalu.

"Saat ini, persiapan keberangkatan atlet dan pelatih sudah 90 persen, dan siap menuju pertandingan utama di ajang PON tahun ini," tegas Elfandi. 

Baca juga: Babel terjunkan lima atlet menembak PON XX Papua 
Baca juga: PT Timah bantu operasional pelatda atlet tenis Babel jelang PON Papua 

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021