Bantuan tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules dari Malang, Jawa Timur dan terakhir disimpan sementara di Base Ops Lanud H.AS Hanandjoeddin Belitung.
Belitung, Babel (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyalurkan bantuan sebanyak 4.000 paket obat-obatan untuk pasien COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Komandan Lanud H.AS Hanandjoeddin Belitung, Letkol (Nav) Rudy Hartono di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Provinsi Bangka Belitung beberapa waktu lalu dalam rangka memantau penanganan pandemi COVID-19

Bantuan tersebut, katanya, diangkut menggunakan pesawat Hercules dari Malang, Jawa Timur dan terakhir disimpan sementara di Base Ops Lanud H.AS Hanandjoeddin Belitung.

"Dukungan obat-obatan ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Panglima TNI pekan lalu. Beliau merasa di Provinsi Babel ini masih memerlukan obat-obatan untuk penanganan COVID-19," katanya.

Panglima TNI juga menyalurkan bantuan sebanyak 5.000 paket obat-obatan untuk Pulau Bangka dengan diangkut menggunakan pesawat yang sama.

Ia menambahkan, sejumlah paket obat-obatan tersebut nantinya akan disalurkan kepada pasien COVID-19 terutama kepada pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri maupun terpadu.

"Sehingga dapat membantu dan mempercepat proses pemulihan warga yang terdampak COVID-19," katanya.

Danlanud menjelaskan penyerahan obat-obatan tersebut nantinya akan dikoordinasikan secara bersama antara Lanud H.AS Hanandjoeddin Belitung dan Kodim 0414 Belitung pada Senin (6/9) mendatang.

"Sistem pambagiannya masih menunggu data dari pemerintah daerah warga mana saja yang akan di berikan bantuan agar tepat sasaran," demikian Rudy Hartono.


Baca juga: Belitung umumkan penemuan kasus COVID-19 varian Delta

Baca juga: Panglima TNI bantu Pemprov Babel 100 tabung oksigen

Baca juga: 18 pekerja pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular positif COVID-19

Baca juga: Bangka Belitung bentuk isoter di 43 lokasi zona merah COVID-19




 

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021