BPBD Minahasa Tenggara temukan nelayan hanyut ke laut Maluku

BPBD Minahasa Tenggara temukan nelayan hanyut ke laut Maluku

Umarudin Tinamonga (tengah) bersama Bupati dan Kapolres Minahasa Tenggara. (ANTARA/Artur). (1)

Minahasa Tenggara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, menemukan seorang nelayan bernama Umarudin Tinamonga (42), warga Desa Bentenan Satu, Kecamatan Pusomaen yang hanyut ke perairan Laut Maluku, Senin malam.

"Kami mendapatkan informasi dari pemerintah desa terkait adanya nelayan yang hilang di sekitar perairan Laut Maluku. Berdasarkan informasi awal, nelayan tersebut hilang kontak sekitar pukul tujuh malam," kata Kasub Kedaruratan BPBD Minahasa Tenggara, Dontry Wongkaren di Ratahan, Selasa.

Dia menambahkan, Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap langsung memerintahkan tim penyelamat untuk melakukan pencarian nelayan tersebut.

"Kami turun dalam dua tim, yakni dari tim BPBD Minahasa Tenggara dan tim Mitra One menuju lokasi hilangnya nelayan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan Dontry, setelah melakukan pencarian hampir tiga jam, korban ditemukan bersama dengan perahu di sekitar perairan Laut Maluku pada pukul 23.33 WITA.

"Kami menemukan korban dalam keadaan selamat dengan posisi perahu sudah terbalik," ujarnya.

Dontry menambahkan, nelayan yang hanyut ini disebabkan oleh cuaca buruk di sekitar Laut Maluku pada saat yang bersangkutan melaut.

"Memang dalam pencarian cuaca dalam kondisi buruk. Tapi kami bersyukur korban dapat ditemukan dalam kondisi selamat," katanya.

Baca juga: Nelayan Minahasa Tenggara tetap melaut di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: BPBD Minahasa Tenggara minta masyarakat waspadai musim hujan

Baca juga: BPBD: air warga Minahasa Tenggara layak dikonsumsi


 
Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021