Nadiem puji anak muda SAD yang lanjutkan pendidikan

Nadiem puji anak muda SAD yang lanjutkan pendidikan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim merangkul tiga anak muda Suku Anak Dalam (SAD) saat kunjungan kerja di Sarolangun, Jambi, Rabu (22/9/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memuji tiga anak muda Suku Anak Dalam (SAD) yang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

“Saya bangga dan senang melihat mereka, saya menyarankan anak-anak yang kuliah di Universitas Jambi yang mendapat beasiswa dari pihak swasta ini bisa terus sampai S1,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Tiga anak muda dari komunitas SAD tersebut yakni Bejujung, Besiar, dan Fauzan yang menempuh pendidikan di Universitas Jambi. Mereka bertemu dengan Nadiem saat kunjungan kerja ke Jambi. Dalam kesempatan itu, Nadiem juga bermalam di hutan tempat komunitas SAD.

Baca juga: Nadiem :Prodi di PMN dibutuhkan kuatkan ekosistem industri kreatif

Bejujung dan Besiar saat ini menimba pendidikan di program diploma tiga Universitas Jambi, sedangkan Fauzan berkuliah program diploma empat di Polbangtan Bogor. Ketiga warga SAD itu berkuliah setelah mendapat bantuan beasiswa penuh dari pihak swasta, PT Sari Aditya Loka (SAL).

Nadiem juga memberikan pesan kepada dua tokoh SAD yakni Tumenggung Nggrip dan Njalo di Air Hitam, Sarolangun, yang anaknya diberikan beasiswa oleh PT SAL. Nadiem juga mengingatkan bahwa tugas sebagai mahasiswa itu agak berat karena harus bisa bercerita dan menginspirasi generasi berikutnya.

Pada kesempatan berkunjung ke wilayah Air Hitam itu, Babinsa sekaligus pendamping SAD Air Hitam, Husni Thamrin, merespons kehadiran pejabat tinggi negara ke wilayahnya.

Baca juga: Mendikbudristek : Ayo Kursus tumbuhkan harapan anak-anak putus sekolah

Husni yang menjadi pendamping bagi ketiga mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa program pendidikan itu merupakan bagian program kerja dari Forum Kemitraan yang melibatkan sejumlah stakeholders, mulai dari pemerintah pusat, pemda, pihak swasta, LSM, akademisi, tokoh masyarakat hingga tokoh SAD.

"Kehadiran Pak Menteri ini tentunya akan semakin memperkuat forum kemitraan terhadap warga SAD," kata Husni.
 

Sementara itu, Bejujung juga merasa sangat bangga bisa berinteraksi secara akrab dengan Nadiem. Bejujung berharap anak SAD dapat berkembang dan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.***3***

Baca juga: Nadiem bermalam di jambi bersama komunitas Suku Anak Dalam

Pewarta : Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021