Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.300 dosis vaksin disiapkan oleh gabungan juru vaksin dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar serta tenaga medis Lapas dan Rutan Makassar untuk memvaksinasi warga binaan rumah tahanan (rutan) Makassar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto di Makassar, Sabtu, mengatakan vaksinasi lanjutan untuk warga binaan kembali dilaksanakan dan capaiannya sekarang sudah di atas 90 persen.

"Berdasarkan laporan sudah di atas 90 persen dan kami akan upayakan hingga tuntas 100 persen untuk seluruh warga binaan," ujarnya.

Harun juga mengapresiasi tim Rutan Makassar yang aktif melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memvaksinasi warga binaan.

Baca juga: 2,13 juta warga Sulsel telah divaksinasi COVID-19 dosis satu

Baca juga: Satgas: Sekitar 10.000 dosis Moderna akan didistribusi ke Sulsel


Ia meminta kepada seluruh bawahannya di jajaran Rutan dan Lapas di Sulsel agar segera merampungkan vaksinasi kepada warga binaan hingga 100 persen.

"Diupayakan 100 persen tuntas menjalani vaksinasi. Selebihnya tinggal melancarkan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya terkait mekanisme penerimaan tahanan baru yang mewajibkan tuntas jalani vaksinasi. Sehingga diharapkan Rutan Makassar dapat terlindungi dari COVID-19, terbentuk kekebalan kelompok," ucap Kakanwil Harun Sulianto.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Makassar Darmansyah mengatakan vaksinasi yang dilakukannya dibagi tiga untuk mengurai antrian.

"Selain itu juga lebih memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan, terukur, terarah. Insya Allah berjalan lancar, tertib dan aman," ujarnya.

Darmansyah mengatakan untuk memperlancar vaksinasi, tim juru vaksin yang merupakan gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar serta tenaga medis Lapas dan Rutan Makassar dibagi dalam 3 titik.

"Dua tim masuk ke blok hunian bagian dalam yang dipusatkan di Blok Sultan Hasanuddin dan Blok Sultan Alauddin. Sedangkan blok hunian luar yakni blok Isolasi, Tahanan baru dan blok perempuan dipusatkan di ruang kunjungan secara bergantian," ujarnya.

Darmansyah menerangkan bahwa target vaksinasi kali ini sebanyak 1.300 orang dan menjadi capaian terbesar dalam 3 gelombang vaksinasi di Rutan Makassar.

"Dari Komisi IX DPR RI yang diinisiasi oleh Ibu Aliyah Mustika Ilham, Alhamdulillah hari ini Rutan kembali memperoleh 1.300 dosis vaksinasi. Jika sesuai target maka total warga binaan yang menjalani vaksinasi sudah di atas 90 persen," ucapnya.*

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara tinjau vaksinasi bagi pelajar di Wajo Sulsel

Baca juga: Mobil vaksin Sulsel vaksinasi 12 ribu orang di Toraja

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021