Artinya, jika jumlah paten bisa naik 10 persen saja maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih tinggi 0,6 persen
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Freddy Harris mengatakan kekayaan intelektual (KI) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance, menurut Freddy dalam pernyataan persnya Senin, setiap 1 persen kenaikan jumlah paten ternyata mampu berdampak positif terhadap ekonomi Indonesia sebesar 0,06 persen.

"Artinya, jika jumlah paten bisa naik 10 persen saja maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih tinggi 0,6 persen," kata dia.

Selain itu, Freddy mengatakan bahwa KI dapat berperan sebagai nation branding sekaligus keuntungan kompetitif (competitive advantage) bagi suatu negara, khususnya negara yang memiliki keunggulan kekayaan intelektual komunal.

Baca juga: DJKI tegaskan komitmen berantas pelanggaran kekayaan intelektual

Salah satu potensi kekayaan intelektual komunal yang perlu didorong agar mampu bersaing di pasar global adalah produk yang mengandalkan potensi karakteristik geografis Indonesia yang dikenal sebagai indikasi geografis (IG).

"Indikasi geografis terbukti dapat menjadi katalisator bagi nation branding dan turut mendukung kemandirian ekonomi suatu negara," Freddy menuturkan.

Dia mencontohkan, kopi Gayo dari Aceh menjadi produk IG pertama Indonesia yang diterima di Uni Eropa. Dari sisi harga, sebelum kopi Gayo terdaftar di DJKI, hanya dibanderol seharga Rp50 ribu per kilogramnya. Namun, setelah terdaftar, harga per kilogramnya meningkat menjadi Rp120 ribu.

Selain itu, terdaftarnya produk IG garam Amed Bali di tahun 2016, membuka potensi ecotourism bagi wilayah Kabupaten Karang Asem tempat asal dari garam Amed berada.

Baca juga: Kemudahan pendaftaran paten tingkatkan potensi ekonomi nasional

"Masyarakat penduduk di sana memanfaatkan daerah produk IG-nya tersebut menjadi objek wisata. Melalui gelaran festival garam Amed yang menyuguhkan tontonan memproduksi garam tradisional," jelas Freddy.

Contoh lain dari pemanfaatan KI menjadi nation branding Indonesia adalah penggunaan kain endek Bali oleh rumah mode Christian Dior pada gelaran Paris Fashion Week 2021. Setidaknya dari 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, terdapat sembilan desain yang menggunakan kain endek Bali.

Menurut Freddy, dari contoh tersebut, bahwa potensi KI di Indonesia dapat menjadi aset ekonomi yang sangat bernilai apabila dikelola dengan benar.

"Sekaligus dapat membentuk identitas bangsa Indonesia untuk dikenal lebih luas lagi oleh dunia internasional," ujar Freddy.

Untuk mengimplementasikan hal tersebut, perlu adanya manajemen KI bagi pengembangan ekonomi dan industri melalui skema multiple-helix collaboration atau kolaborasi dari segenap pemangku kepentingan KI nasional.

"Yaitu terdiri dari pemerintah, akademisi, kalangan industri, pegiat KI, hingga kreator dan inventor, serta aparat penegak hukum di bidang KI," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Sinergi pemerintah dan "e-commerce" hentikan peredaran barang palsu

Baca juga: Kemenkumham: Penggerebekan pabrik obat ilegal bagian penegakan KI

Baca juga: Dirjen Kekayaan Intelektual: Warkopi harus miliki ijin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021