Jayapura (ANTARA) - Bupati Puncak Willem Wandik mengakui, keberhasilan pelaksanaan PON XX di Papua merupakan salah satu bukti hasil kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin beserta jajarannya termasuk Gubernur Papua Lukas Enembe.

Presiden mengambil langkah tepat dan penuh perhitungan karena PON dilaksanakan masih di masa pandemi COVID-19 namun dengan kerja keras semua pihak dapat terlaksana dengan baik.

Memang ada laporan atlet dan ofisial yang terpapar COVID-19 namun mereka banyak yang sudah dinyatakan sembuh, kata Bupati Puncak Willem Wandik kepada ANTARA ketika ditanya tentang dua tahun kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, Rabu (21/10) malam.

Diakui, tidak mudah mengambil keputusan untuk tetap melaksanakan PON di tengah pandemi namun hal itu tetap dilaksanakan karena sebagian besar masyarakat yang bermukim di empat kluster pelaksanaan PON XX sudah divaksin COVID-19.

Selain itu para peserta PON XX juga diwajibkan untuk divaksin sehingga kalaupun tertular mereka masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) sehingga cepat sembuh.

"Mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 mengingat di tanggal yang sama bulan November mendatang akan dilaksanakan Peparnas XIV di Papua dan berharap protokol kesehatan tetap dipatuhi, baik atlet, ofisial maupun masyarakat, " harap Bupati Wandik.

Baca juga: PB PON apresiasi kehadiran "media center" lengkapi sukses PON Papua
Baca juga: Marciano: Sukses PON persembahan masyarakat olahraga untuk Indonesia


Ketika ditanya tentang harapannya terhadap Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, Bupati Wandik berharap moratorium pemekaran daerah dicabut karena untuk lebih memeratakan pembangunan.

Khusus untuk Papua, pemekaran propinsi sudah harus dilakukan agar pembangunan lebih dirasakan masyarakat, apalagi propinsi tertimur Indonesia memiliki wilayah yang luas dan juga itu akan menjadi kado terindah dari kedua pasangan.

Terkait pembangunan, Wandik mengaku akibat mewabahnya COVID-19 sejak 2020 lalu menyebabkan pembangunan mengalami keterlambatan karena dananya dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Langkah yang diambil itu benar karena apalah artinya pembangunan bila masyarakat tidak dapat menikmati karena sakit akibat COVID-19 yang berkepanjangan.

"Saat ini kasus COVID-19 sudah mereda sehingga pemerintah dan seluruh jajarannya dapat kembali melaksanakan berbagai program yang sudah direncanakan sebelumnya, " kata Bupati Puncak Willem Wandik.

Baca juga: Menpora: Kesuksesan PON Papua berkat kerja sama lintas instansi
Baca juga: DPRD Kaltim sebut PON Papua sukses dan beri kesan indah
Baca juga: Menpora: PON Papua sukses pelaksanaaan dan prestasi

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021