Losail, Qatar (ANTARA News) - Pebalap dari tim Honda Casey Stoner asal Australia, Jumat tampil tercepat pada latihan terakhir menjelang perlombaan MotoGP Qatar Minggu di Sirkuit Losail Qatar, Minggu.

Juara 2007 itu membukukan waktu terbaik satu menit 55,35 detik dalam tiga sesi latihan menjelang babak penyisihan Sabtu.

"Casey selalu tidak tersentuh bila tampil di sini," kata bos tim Yamaha, Lin Jarvis, yang menyatakan balapan dunia pembuka musim ini terasa asing karena berlangsung di sirkuit padang pasir, dan absennya para pendukung serta suasana berkabung menyusul gempa bumi dan tsunami minggu lalu di Jepang.

Perlombaan Minggu akan didahului dengan mengheningkan cipta satu menit untuk mengenang tragedi di Jepang itu.

Honda menempati tiga besar dalam latihan itu, setelah Stoner kemudian disusul pebalap tuan rumah dari Spanyol Dani Pedrosa, yang mencetak waktu terpaut 0,158 detik dan Andrea Dovizioso (0.705).

Juara bertahan Jorge Lorenzo terbaik di atas Yamaha, di depan rekan setimnya Ben Spies, dan akan berusaha mempertahankan gelar dalam lomba di bawah sinar lampu sorot itu.

Alvaro Bautista (Suzuki) mengalami kecelakaan dalam latihan selama 10 menit itu dan harus keluar lintasan di atas tandu karena cedera pada pahanya.

Valentino Rossi, sekarang menggenjot Ducati, berada di urutan kedelapan dan rekan senegaranya dari Italia Nicky Hayden di urutan ke-14.
(A008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011