Kompetisi Inovasi Nasional diikuti oleh 100 Perusahaan Swasta, BUMN dan Luar Negeri

Jakarta (ANTARA) - Setelah selama empat hari sejak Senin, 15 hingga 18 November 2021 para peserta Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV, International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2021 bersamaan dengan acara Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) melakukan unjuk keberhasilan, maka pada acara penutupan sebanyak 337 tim bagi yang berprestasi menerima penghargaan dengan klasifikasi Diamond sebanyak 23 Tim, Platinum sebanyak 164 Tim, Gold sebanyak 131 Tim,  Silver sebanyak 16 Tim, dan Bronze sebanyak 0 tim. Pada tahun ini ada penghargaan baru untuk QSI ada 3 tim memperoleh penghargaan Excellent Productivity, market coverage untuk 2 dua) tim dan Excellent Productivity, market coverage, financial performance untuk 1 (satu) tim serta penghargaan Best Stream yaitu The Best Presentation Team, The Best Performance Team dan The Most Favorite Team.

Rangkaian acara yang pada tahun ini mengusung tema: Berkarya dan Berinovasi dengan Meningkatkan Budaya Mutu dan Produktivitas ini diikuti para perwakilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan BUMN dalam mengelola mutu dan produktifitas perusahaan. Para peserta baik perseorangan maupun kelompok mempresentasikan tentang keberhasilannya melakukan pengembangan sistem dan kegiatan inovasi di masing-masing perusahaannya dengan berbagai pendekataan sistem manajemen, meliputi: QCC, SS, 5S/5R PKM/QCP, QIT/TPM, QIC, QSI atau bentuk-bentuk lainnya.

Perhelatan nasional yang dikelola terpusat dari Hotel Aston Balleveu Jakarta dan digelar secara daring dengan tetap memenuhi ketentuan protokol kesehatan mengingat kondisi dan situasi pandemi meskipun penyebarannya sudah tampak landai ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah berlangsung secara konsisten selama 25 tahun terus menerus tanpa jeda dan berpindah-pindah tempat, diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu (WKM) bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI) dengan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Asian Productivity Organization (APO).

Ketua Komite Pelaksana TKMPN XXV, IQPC dan IQEF 2021, Sutrisno Atmadi menjelaskan bahwa antusiasme dan jumlah peserta TKMPN setiap tahun meningkat, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pada tahun ini jumlah peserta mencapai 1.150 orang, terdiri dari dalam 337 tim penyaji kompetisi dari 100 perusahaan. Dihadiri 3 Pembicara Keynote Speaker yaitu: Takanori Murakami – Manager of Quality Management and Customer Satisfaction, RICOH Co., Ltd., Jepang; SJ Kalokhe – President, Quality Circle Forum of India, India; Dr. Ghazmahadi, S.T., M.M. – Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI dan menghadirkan 6 orang pembicar, yaitu: Ir. Agung Yunanto, M.M.,MBA - Direktur SDM & Umum, PT Kereta Api Indonesia (Persero); Pratjojo Dewo Sridadi - President Director, PT Komatsu Indonesia; Mochammad Kharis, S,T., M.MT - Institutional Relation Department, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.; Tanu Yota - Business Unit Head, PT Sentra Usahatama Jaya; Roziana Othman - Director, Organisational Excellence Development, Malaysia Productivity Corporation (MPC), Malaysia; dan SJ Kalokhe – President, Quality Circle Forum of India, India.

Setiap tahunnya bagi peserta yang berhasil memperoleh penghargaan di ajang TKMPN atau IQPC akan direkomendasikan untuk mengikuti Conference and Convention tingkat international. Untuk tahun 2022 yang akan datang, WKM dan AMMPI akan mengirimkan kepesertaan tingkat internasional ICQCC di Bali, dan APQO Conference di Srilangka informasi dari Damayanti, M.M. sebagai Ketua Bidang Program TKMPN & IQPC.

Pada forum IQEF tersebut, Suradi, S.E., M.M. selaku Ketua Umum DPP AMMPI menyampaikan pengumuman penyerahan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil meraih predikat World Class dari Global Performance Excellence Award 2021 diselenggarakan oleh Asia Pacific Quality Organization (APQO), mengingat bahwa sejak 27 Desember 2010 AMMPI adalah Core Council Member Asia Pacific Quality Organization (APQO) dan Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) 2021. Untuk menyongsong tantangan dan mendulang peluang 2022 diperkenalkan rencana beberapa penganugerahan penghargaan pada 2022 dan Indonesia Excellence Movement 2022 yang diselenggarakan oleh AMMPI atau Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA).

Lebih lanjut Suradi, S.E., M.M. berharap dengan adanya acara IQEF ini dapat menjadi pemicu dan pemacu perusahaan di Indonesia untuk mengikuti jejak keberhasilan PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Jaminan Kredit Indonesia sebagai role model dan best practice di tingkat nasional dan global sebagai bagian dari upaya bersama turut mendukung program pemerintah khususnya Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS).

AMMPI berkiprah dan berkarya sebagai organisasi profesi nirlaba yang didukung oleh Pemerintah dan para praktisi mutu dari berbagai lembaga dan organisasi ini dalam upaya menyosialisasikan pentingnya aspek mutu dan produktivitas. AMMPI memiliki gagasan untuk memacu munculnya karya-karya bermutu tinggi dalam organisasi, termasuk Lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, BUMN, BUMS, Koperasi, LSM dan Lembaga Pendidikan sehingga pada akhirnya diharapkan mampu memberi pengaruh positif terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021