Secara umum suhu udara di wilayah tersebut antara 14 - 33 derajat celsius
Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menyatakan  hampir semua wilayah kabupaten/ kota di Jawa Timur berpotensi terjadi hujan deras disertai dengan angin yang kencang.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo Jawa Timur, Selasa mengatakan, masyarakat diminta untuk lebih hati-hati terkait dengan potensi bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan akibat cuaca tersebut.

"Masyarakat diminta lebih waspada terkait dengan potensi bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi," katanya.

Ia mengatakan, beberapa kabupaten kota tersebut di antaranya adalah wilayah Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar.

"Kemudian juga ada Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi," ujarnya

Ia menjelaskan, semua kabupaten kota tersebut diperkirakan terjadi hujan deras disertai angin kencang sesaat yang terjadi pada pagi, siang, sore dan malam hari.

"Secara umum  suhu udara di wilayah tersebut antara14 - 33 derajat celsius. Kelembapan udara antara 65 - 100 persen dan kecepatan angin dominan dari Barat - Barat Laut dengan kecepatan 05 - 40 kilometer per jam," ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya seperti BPBD kabupaten kota di Jatim.

"Termasuk juga dengan dunia penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021