BAZNAS ajak masyarakat salurkan ZIS bantu korban erupsi Semeru

BAZNAS ajak masyarakat salurkan ZIS bantu korban erupsi Semeru

Relawan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat membantu menyalurkan logistik bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. ANTARA/HO-BAZNAS/am.

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan cara menyalurkan zakat, infak, sedekah (ZIS) melalui lembaga pengelola zakat resmi.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama mendoakan yang terbaik serta memberikan bantuan untuk para korban terdampak erupsi Gunung Semeru," ujar Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Rizal mengatakan pihaknya berupaya secara maksimal mengajak para mitra, donatur, dan muzaki BAZNAS untuk turut andil dalam berbagai upaya penanganan bencana dan menggalang donasi.

Baca juga: BAZNAS taksir kerugian akibat letusan Semeru capai Rp310 miliar

BAZNAS selaku badan zakat negara yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan ZIS berupaya tetap berjuang optimal menjalankan amanah umat di tengah kondisi pandemi COVID-19 dan serangkaian bencana yang tengah melanda, termasuk erupsi Semeru.

"BAZNAS telah bergerak cepat membantu warga korban erupsi dengan memberikan layanan kesehatan melalui pos kesehatan yang kita bangun di lokasi bencana," kata dia.

Menurutnya, kesiapan BAZNAS dalam menerima zakat online untuk warga korban erupsi. BAZNAS telah menyediakan sejumlah platform yang dapat diakses oleh masyarakat seperti laman www.baznas.go.id dan Muzaki Corner.

"Kedua, komersial platform, yakni mengembangkan kerja sama dengan e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, dan JD.ID. BAZNAS juga bekerja sama dengan layanan Fintech seperti OVO, Gopay, Linkaja, dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: BAZNAS Tanggap Bencana bangun pos kesehatan bagi korban erupsi Semeru

BAZNAS telah menurunkan tim personel yang terdiri dari BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), dokter, perawat, farmasis dan relawan untuk membangun pos kesehatan dan pengobatan mobile bagi warga korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saya rasa bantuan-bantuan saat ini sangat mereka butuhkan, seperti kebutuhan yang sifatnya material mulai dari makanan siap saji, selimut, tenda-tenda pengungsian yang aman dan layak, hingga berbagai kebutuhan tanggap bencana lainnya," kata Rizal.
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021