sebagai media edukasi untuk masyarakat terkait budaya membaca dan menulis
Wonosobo (ANTARA) - Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengajak masyarakat di Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah, mendukung budaya literasi guna menyukseskan program Wonosobo Pintar.

Afif di Wonosobo, Senin, mengatakan salah satu upaya  mendukung budaya literasi tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Festival Literasi Wonosobo Pintar (FLWP) sejak September 2021.

Rangkaian FLWP ditutup Bupati Afif di aula Dinas Arpusda ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada para juara sejumlah lomba.

Kepada para pemenang lomba bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena telah menjadi bagian dari upaya mewujudkan salah satu misi pemerintah daerah, yaitu Wonosobo Pintar.

Afif meminta para juara bisa berbuat lebih banyak, antara lain dengan terus membudayakan membaca dan menulis serta mendukung program-program Arpusda untuk meningkatkan kesadaran literasi di semua kalangan masyarakat.

"Momentum penerimaan penghargaan bagi para juara FLWP ini bisa menjadi pemicu semangat baru, baik secara personal maupun kelembagaan, karena sekaligus sebagai media edukasi untuk masyarakat terkait budaya membaca dan menulis di Kabupaten Wonosobo tercinta," katanya.

Ia berharap agar masyarakat Wonosobo memiliki semangat lebih untuk senantiasa belajar, karena proses belajar tidak mengenal usia dan kini bahkan belajar bisa di mana pun dan kapan pun dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

"Belajar tidak mengenal usia, membaca juga tidak mengenal usia sehingga sangat penting bagi setiap masyarakat Wonosobo untuk memiliki budaya literasi, baik ketika berada di lingkungan sekolah, lingkungan desa maupun di lingkungan kerja masing-masing," katanya.

Kepala Dinas Arpusda Musofa menyampaikan untuk meningkatkan budaya literasi cerdas di Kabupaten Wonosobo para peraih penghargaan FLWP untuk dapat mendukung gerakan membudayakan baca dan tulis di kalangan masyarakat sehingga ke depan upaya mewujudkan Wonosobo Pintar lebih cepat tercapai.

"Saya harap para juara tidak berhenti dengan diperolehnya penghargaan saja, tetapi harus ada tindak lanjut konkrit dengan terus berkarya dan mendukung program literasi di Kabupaten Wonosobo karena meningkatnya budaya literasi juga bakal berimbas positif terhadap kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kegiatan yang digelar dalam FLWP, antara lain seminar membaca, pelayanan sekolah serta pelatihan untuk kalangan disabilitas.

"Diadakannya acara ini menjadi dokumen bersejarah untuk para pemenang bahwa mereka adalah bagian penting mewujudkan elemen masyarakat cerdas berliterasi," katanya. 
Baca juga: Bupati Wonosobo: Masyarakat mulai rasakan manfaat program kota cerdas
Baca juga: Mi ongklok dan carica antar-Wonosobo raih anugerah kabupaten kreatif
Baca juga: Mentan: Temanggung-Wonosobo jadi percontohan food estate hortikultura

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021