Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) dan jajaran kembali menggelar Serbuan Vaksinasi Maritim di pekan pertama pada awal tahun 2022 di sejumlah tempat di wilayah masing-masing.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigjen TNI Mar I Wayan Ariwijaya, di Manado, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka mempercepat program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Serbuan vaksinasi maritim ini sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mempercepat vaksinasi di tanah air.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut Lantamal VIII dan jajaran tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: TNI AL salurkan 30 ribu dosis vaksin untuk Trenggalek

Baca juga: Lantamal VI sasar lansia untuk divaksinasi


"Kami mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19," katanya.

Hari ini sejumlah jajaran Lantamal VIII melaksanakan Serbuan Vaksinasi seperti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalp menggelar kegiatan itu di depan Masjid Al Ikhlas, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.

Pada kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksinasi kepada 107 orang diantaranya 41 orang menerima dosis pertama dan 66 orang dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Pfizer.

Kemudian Lanal Tolitoli yang melaksanakan vaksinasi di Puskesdes Desa Kapas Kecamatan Dakopamean, Kabupaten Tolitoli dan berhasil memberikan vaksinasi kepada 45 orang dimana 38 orang menerima vaksin dosis pertama dan tujuh orang dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, memberikan vaksin kepada 13 orang dengan tiga orang dosis pertama dan sepuluh orang dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Vaksinasi rutin yang dilaksanakan di dalam pangkalan di antaranya Diskes Lantamal VIII bertempat di Balai Kesehatan memberikan vaksin kepada sembilan orang terdiri dari delapan orang menerima dosis pertama dan satu orang menerima dosis kedua dengan vaksin jenis Sinovac.

Begitu juga Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung pada vaksinasi rutin di tempat memberikan vaksin kepada empat orang diantaranya tiga orang menerima dosis pertama dan satu orang dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Selama kegiatan vaksinasi para petugas tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, hingga vaksinasi selesai tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.*

Baca juga: TNI AL dan Pemprov Riau lakukan Serbuan Vaksin di pulau terluar

Baca juga: TNI AL siap mendukung vaksinasi untuk lansia

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022