Surabaya (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kota Surabaya memberikan bantuan berupa 150 kursi roda dan 10 ribu paket sembako kepada warga yang masuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah saat Ramadhan 2022.

Wakil Ketua IV Bidang SDM dan Administrasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya Moch Riduan di Surabaya, Selasa, mengatakan bantuan yang dibagikan tersebut merupakan hasil zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya serta masyarakat.

Baca juga: Wali kota Surabaya terima penghargaan Baznas Award 2022

"Pada bulan Ramadhan ini, kami akan membagikan 10 ribu paket sembako dan 150 kursi roda untuk MBR di seluruh Kota Surabaya. Bantuan tersebut diberikan secara bertahap," kata dia.

Untuk tahap pertama, lanjut dia, bantuan kursi roda dan paket sembako diberikan kepada warga yang masuk dalam daftar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Kecamatan Gubeng, Surabaya.

Baca juga: Wali Kota optimistis Baznas Surabaya mampu entaskan kemiskinan

Pemberian bantuan simbolis diserahkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Baznas Surabaya usai Shalat Tarawih di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya pada Senin (4/4) malam.

"Secara simbolis, Bapak Wali Kota Eri Cahyadi beserta istri Rini Indriyani menyerahkan bantuan tujuh kursi roda kepada warga MBR di Kecamatan Gubeng," ujar dia.

Riduan mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya dalam penyaluran bantuan kepada warga MBR. Seperti pembagian kursi roda, lanjut dia, pihaknya juga menyesuaikan pengajuan permohonan dari Dinsos Surabaya.

Baca juga: Baznas bantu bedah rumah pasangan suami istri dhuafa di Surabaya

Sementara itu, warga Kelurahan Airlangga Kota Surabaya Damini mengaku bersyukur dengan adanya bantuan kursi roda tersebut. Dia mengaku bahwa bantuan tersebut bisa mempermudah suaminya yang terserang penyakit stroke melakukan kegiatan sehari-hari.

"Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Eri Cahyadi atas bantuan kursi roda ini untuk suami saya yang terserang stroke. Semoga bapak terus mengayomi warga Kota Surabaya dan selalu dalam lindungan Allah SWT," katanya.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022