masyarakat bisa menikmati acara ini melalui kanal YouTube Kundha Kabudayan Sleman
Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 di Gedung Kesenian Sleman, Rabu.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan bahwa Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan seni pendalangan Sleman khususnya di usia dini.

"Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 merupakan bagian dari program kerja Dinas Kebudayaan Sleman. Kegiatan ini sebagai media pembinaan kepada seniman serta pendorong pengembangan seni  pedalangan Sleman sejak dini," katanya.

Baca juga: Dispar Sleman gelar flash mob "Satus Kethek Mudun Gunung" di Kaliurang

Menurut dia, festival ini juga menjadi wadah untuk mencari bibit unggul pendalangan di Kabupaten Sleman.

Festival Dalang Anak dan Remaja 2022 diselenggarakan mulai 25 hingga 28 Mei 2022. Terdapat 17 peserta dalang anak dan 17 peserta dalang remaja yang berlomba.

"Pelaksanaan pada tahun ini, penonton tidak dilibatkan secara langsung di lokasi, namun masyarakat bisa menikmati acara ini melalui kanal YouTube Kundha Kabudayan Sleman," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi booster di Sleman baru 34,51 persen

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir dalam pembukaan festival tersebut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Festival Dalang Anak dan Remaja 2022.

"Kehadiran festival merupakan kesempatan emas untuk menggali potensi dalang anak dan remaja di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan wayang menjadi kesenian adiluhung yang harus dilestarikan sehingga diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk melestarikan wayang kepada generasi penerus.

Baca juga: Tujuh pasang pengantin ikuti nikah massal di kebun salak

"Wayang memiliki peran besar sebagai tuntunan hidup yang menyimpan nilai-nilai kebaikan kehidupan. Wayang tidak hanya berupa tontonan tapi juga menjadi tuntunan sehingga kandungan nilai-nilai kebaikan di dalamnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Danang mengatakan dari cerita di dalam wayang, ada begitu banyak pesan yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang dapat memberikan banyak manfaat untuk generasi penerus.

"Kepada orang tua kami harapkan selalu memberikan dukungan dan motivasi secara terus menerus untuk mendukung potensi anak-anak pendalang," katanya.

Baca juga: Jaminan kesehatan di Sleman capai 95 persen
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022