Batam (ANTARA News) - Ribuan wisatawan dari berbagai negara padati Maha Vihara Duta Maitreya Batam Centre, Kota Batam untuk melaksanakan sembahnyang Tahun Baru Imlek 2563/2012.

Menurut Humas Maha Vihara Duta Maitreya, Alvin Octavianus Yolanda, di Batam, mengatakan Sejak Senin pagi, warga Tionghoa dan wisatawan dari Singapura, Malaysia dan berbagai daerah lain di ASEAN nampak bergantian bersembahyang di Vihara Maitreya terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Jumlah umat yang datang dan bersembahyang pada Imlek 2563/2012 ini berjumlah sekitar 25.000 orang," kata dia.

Setiap perayaan hari-hari besar keagamaan, kata dia, Vihara ini selalu dikunjungi ribuan wisatawan asing yang ingin bersembahnyang.

Ia mengatakan, pihak Vihara juga menyediakan makanan vegetarian bagi umat yang bersembahnyang di Duta Maitreya saat perayaan Imlek.

Masakan tersebut antara lain cap cay, nuget vegetarian asam manis, tempe goreng, kari kentang, bihun goreng, mie goreng, nasi goreng, ikan vegetarian sambal balado, lo tahu dan sayur hijau.

"Juru masak yang menyiapkan hidangan ada 50 orang. Ada juga 200 orang tenaga sukarelawan yang turut membantu jelang dan saat perayaan," ucap Alfan.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012