Denpasar (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan aplikasi berbasis data terbaru yang diberi nama "XL Blaast".

"XL Blaast merupakan aplikasi mobile yang dapat memberikan pengalaman kepada pengguna low-end phone dengan fitur terbatas, menjadi seperti menggunakan aplikasi pada smartphone," Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini, melalui siaran pers, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya dengan penyedia platform mobile dari Finlandia itu membuat suatu layanan yang unik berbasis teknologi cloud.

Dengan teknologi tersebut, tambah Dian, memberikan akses fitur ke beragam pilihan aplikasi seperti Jejaring Sosial, Games, Chatting, Berita, dan lain-lain.

"Sebagian besar aplikasi yang tersedia tersebut merupakan hasil kreativitas pengembang Indonesia," ujarnya.

Dian mengatakan, bahkan komunitas pengembang tersebut telah membuat aplikasi sekitat 1.000 dan terus mengembankannya untuk Pasar Indonesia.

"Jika kita cermati, konten/aplikasi lokal Indonesia masih sangat terbatas dibandingkan dengan konten produk asing. Padahal, potensi para pengembang aplikasi lokal tidak kalah kualitasnya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya telah merancang suatu wadah platform bagi para pengembang aplikasi lokal.

CEO & co-founder Blaast, Joonas Hjelt, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan aplikasi yang berkualitas tinggi bagi setiap orang.

"Kami yakin bahwa interaksi sosial merupakan faktor penting untuk bisa mengembangkan konten dan aplikasi lokal yang menarik dan berkualitas. Kami senang bisa melakukan kemitraan dengan XL untuk mengembangkan komunitas pengembang lokal yang bisa mendorong terciptanya konten lokal yang bermanfaat," ujarnya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012