Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 148 calon haji Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, selesai menjalani tes usap PCR COVID-19 menjelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

"Alhamdulillah, seluruh jamaah yang akan diberangkatkan tahun ini telah menjalani tes usap PCR COVID-19," kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kemenag (Kemenag) Ogan Komering Ulu (OKU), Abdul Muis di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, pelaksanaan tes usap oleh  Dinas Kesehatan OKU tersebut sebagai syarat dari Pemerintah Arab Saudi untuk memastikan seluruh jamaah yang akan berangkat haji tahun ini tidak terpapar COVID-19.

Setelah menjalani tes, seluruh sampel dari jamaah langsung dibawa ke Palembang untuk diuji laboratorium oleh pihak terkait.

Baca juga: Dinkes OKU Sumsel fasilitasi tes PCR COVID-19 untuk 148 calon haji

Baca juga: 146 calon haji OKU Sumsel siap diberangkatkan ke Tanah Suci


"Hasil tes PCR akan diumumkan besok di Asrama Haji Palembang," ujar dia.

Muis berharap hasil tes PCR COVID-19 jamaah calon haji semuanya negatif agar tidak tertunda keberangkatan ke tanah suci hingga tahun depan.

"Jika ada yang positif atau reaktif dikhawatirkan akan ditunda keberangkatan hingga tahun depan," ujarnya.

Hanya saja, ia meyakini seluruh JCH yang siap diberangkatkan tersebut tidak ada yang terpapar COVID-19 karena sebelumnya telah diingatkan untuk istirahat total pada H-3 tes PCR, sehingga kondisi tubuh saat dilakukan pengambilan sampel benar-benar dalam kondisi sehat dan bugar.

"Mudah-mudahan saja semuanya sehat sehingga seluruh jamaah haji OKU pada 29 Juni 2022 bisa terbang ke Mekkah untuk menjalankan ibadah haji," katanya.*

Baca juga: Jamaah calon haji diingatkan jaga kesehatan selama di Mekkah

Baca juga: 76 CJH OKU Sumsel ditunda berangkat haji karena faktor usia

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022