Tujuannya membumikan pemahaman publik terhadap G20, bahwa G20 ini adalah sebuah kehormatan bagi Indonesia, sebagai negara berkembang pertama (yang memegang) Presidensi G20
Solo (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menggelar kirab budaya dari Loji Gandrung ke Balaikota Surakarta, pada Kamis (7/7), guna membumikan Presidensi G20 Indonesia.

"Tujuannya membumikan pemahaman publik terhadap G20, bahwa G20 ini adalah sebuah kehormatan bagi Indonesia, sebagai negara berkembang pertama (yang memegang) Presidensi G20," kata Staf Khusus Bidang Hubungan Daerah Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Tina menjelaskan, kirab budaya yang digelar dipastikan akan sangat menarik karena menampilkan kereta kencana dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pun akan turut hadir dengan menaiki kuda.

Selain itu, delegasi akan ikut kirab dengan naik andong. Ia juga mengatakan akan ada penampilan marching band dari Satpol PP serta prajurit Keraton.

Semua iring-iringan akan berjalan kaki sekira 3 km dari rumah dinas walikota Loji Gandrung ke Balai Kota Surakarta.

"Nanti di Balai Kota Surakarta kami adakan gelar potensi UMKM, ini penting bagi kami karena Pak Menteri Bahlil sampaikan, investor itu dari mulai mikro sampai besar. Kalau kita sadar, yang paling jadi tulang punggung, pondasinya adalah UMKM," katanya.

Lebih lanjut, Tina mengatakan kirab budaya akan juga diramaikan dengan Solo Batik Carnival.

"Jadi kami berterima kasih sekali kepada Pemerintah Kota Surakarta karena kolaborasi yang sangat baik, bahkan Solo Batik Carnival yang seharusnya dilaksanakan bulan September dimajukan untuk bersama-sama berpartisipasi mengadakan kirab budaya," katanya.

Kirab Budaya G20 dan Solo Batik Carnival merupakan bagian dari Pertemuan Kedua Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG)/The Second TIIWG Meeting di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada 5-7 Juli 2022.

Selain agenda persidangan, Pertemuan Kedua TIIWG G20 menghadirkan empat kegiatan yaitu Welcome Dinner yang akan dilaksanakan di Keraton Kasunanan, Gelar Potensi Pengusaha Nasional di Daerah, Kirab Budaya G20 yang dirangkaikan dengan Solo Batik Carnival (SBC), dan ditutup dengan Gala Dinner di Balai Kota Surakarta.

Rangkaian kegiatan tersebut, akan dihadiri oleh perwakilan delegasi asing yang berasal dari 20 negara anggota G20, 11 negara undangan, dan 7 organisasi internasional.

“Di Gala Dinner penutup kita akan hadirkan suasana Nusantara, meski berlokasi di Surakarta, kami dari Kementerian Investasi ingin ajak delegasi mengenal Indonesia lebih utuh, mengenal Nusantara,” imbuh Tina.

Baca juga: Kementerian Investasi terbitkan 1,5 juta NIB, 98 persennya mikro-kecil

Baca juga: Kementerian Investasi siap gelar pertemuan ke-2 TIIWG G20 di Surakarta


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022