Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah pertemuan GPDRR yang terselenggara secara berkelanjutan dan inklusif
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai Indonesia telah sukses melaksanakan pertemuan "Global Platform for Disaster Risk Reduction" (GPDRR) di Bali pada 23-28 Mei 2022.

"Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah pertemuan GPDRR yang terselenggara secara berkelanjutan dan inklusif," kata Menko PMK melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan usai memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) mengenai evaluasi penyelenggaraan pertemuan GPDRR.

Menko PMK juga menilai penyelenggaraan GPDRR telah memperteguh posisi Indonesia sebagai pemimpin G20 yang secara tidak langsung menunjukkan kapasitas dalam upaya penanggulangan kebencanaan.

Baca juga: Menko PMK sebut pemerintah perluas layanan posyandu

Penyelenggaraan kegiatan internasional ini, menurut dia, juga telah menjadi momentum yang sangat baik untuk menunjukkan daya tarik Indonesia kepada dunia.

Muhadjir Effendy juga menilai kegiatan GPDRR memiliki arti penting dalam membantu proses pemulihan sosial ekonomi di Bali.

"GPDRR di Bali pada 23-28 Mei 2022 juga telah berhasil menunjukkan kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan berskala internasional, karena berdasarkan evaluasi kegiatan ini tidak memiliki dampak signifikan dalam penambahan kasus COVID-19 karena protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan GPDRR juga telah menjadi pengingat bagi publik untuk terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana termasuk ikut berperan aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana.

"Melalui kegiatan GPDRR diharapkan publik juga akan makin memahami dan mengetahui bagaimana kiat-kiat pengurangan risiko bencana," katanya.

Baca juga: Menko PMK: KAHMI dan FORHATI harus mewarnai arah pembangunan bangsa

Terkait dengan suksesnya GPDRR, pihaknya juga menyatakan apresiasi terhadap kerja keras seluruh panitia nasional dari kementerian dan lembaga terkait yang terlibat dalam seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia nasional atas dukungan dan peran serta dalam menyukseskan penyelenggaraan GPDRR," katanya.

Dia berharap suksesnya GPDRR dapat menjadi batu loncatan untuk penyelenggaraan giat-giat internasional selanjutnya.

"Misalkan KTT G20, kemudian 'World Tourism Day' di bulan September dan 'World Conference On Creative Economy' (WCCE) pada bulan Oktober mendatang," demikian Muhadjir Effendy.

Baca juga: Indonesia pastikan pembangunan inklusif bagi penyandang disabilitas

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022