"...jangan hanya bangga dengan sumber daya alam (SDA) yang tersedia, karena harus diimbangi dengan adanya SDM unggul sehingga pengelolaan SDA-nya semakin optimal"
Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendorong seluruh pemerintah kabupaten di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito untuk memacu peningkatan sumber daya manusia (SDM) menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah Provinsi  Kalimantan Timur yang berbatasan dengan DAS Barito.
 
Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin di Puruk Cahu, Selasa mengatakan tujuan kunjungan kerja jajaran pemprov ke DAS Barito, salah satu yang utama adalah bersama-sama memastikan kesiapan daerah menghadapi perpindahan IKN.
 
"Kita selaku daerah atau kabupaten penyangga, boleh bangga dengan sumber daya alam (SDA) yang tersedia. Tetapi ini harus diimbangi dengan adanya SDM unggul sehingga pengelolaan SDA-nya semakin optimal," terangnya.
 
Hingga pada akhirnya dengan ketersediaan SDA yang berlimpah maupun SDM unggul, maka keberadaan IKN yang berdekatan dengan Kalteng utamanya wilayah DAS Barito, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah maupun kesejahteraan masyarakat.

Nuryakin mengatakan, diperlukan sinergi yang baik antara pemprov dengan pemkab dalam pelaksanaan pembangunan berbagai bidang. Dia memastikan, pemprov senantiasa mendukung pembangunan di kabupaten melalui berbagai program dan kegiatan.
 
Oleh karenanya dalam beberapa waktu terakhir, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga gencar mendorong penyiapan lokasi rencana pembangunan universitas di wilayah DAS Barito, yang meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, serta Barito Timur.
 
"Dengan adanya universitas besar nantinya di DAS Barito, diharapkan pembangunan SDM yang selama ini sudah dilakukan dengan baik, bisa semakin ditingkatkan lagi," terangnya.
 
Sementara itu sebelumnya Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menyampaikan, dalam memacu peningkatan pembangunan, pihaknya meminta dukungan Pemprov Kalteng agar bisa memperjuangkan program-program pembangunan yang pengganggaran dan program itu sendiri berasal dari pemerintah provinsi.
 
"Program-program pembangunan ini, terutama infrastruktur berupa jalan dan jembatan," terangnya di sela rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-20 Murung Raya.
Baca juga: DPD RI minta pemerintah perkuat pembangunan Barito Utara dukung IKN
Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito
Baca juga: IKN jadi momentum penting bagi pembangunan Kalteng

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022