memupuk rasa nasionalisme kepada pelajar
Palembang (ANTARA) - Ratusan pelajar di Kota Palembang, Sumatera Selatan mengikuti perlombaan gerak jalan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia setelah sempat tertunda selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

Perlombaan gerak jalan perayaan HUT RI  tersebut dimulai di Stadion Kamboja Jalan Mayor Santoso, Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, Senin.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa di lokasi, Senin, mengatakan perlombaan gerak jalan ini menjadi sarana untuk memupuk semangat nasionalisme kepada generasi penerus bangsa.

“Tujuannya yakni memupuk rasa nasionalisme kepada pelajar. Di sisi lain ini sebagai ajang olahraga yang dapat membugarkan tubuh mereka,” kata dia.

Baca juga: 2.000 siswa SMP Biak ikuti lomba gerak jalan HUT Proklamasi
Baca juga: Kalsel gairahkan olahraga pelajar dengan lomba gerak jalan

Ia mengaku bangga para peserta dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA atau sederajat itu tampak sangat antusias meski kegiatan ini sempat tertunda dua tahun terdampak pandemi COVID-19.

“Pemerintah mengapresiasi dukungan guru dan orang tua diketahui mereka ini telah berlatih beberapa pekan untuk memberikan yang terbaik dalam rangka merayakan HUT RI 77 tahun, yang jatuh pada 17 Agustus,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan setiap peserta yang mencapai lebih dari 130 pelajar akan menempuh rute sejauh 5 kilometer.

Di mana, rute yang dilintasi peserta di mulai dari Stadion Kamboja melintasi Jalan Jendral Sudirman – Jalan Demang Lebar Daun- Jalan Angkatan 45.

“Berlangsung selama dua hari 15-16 Agustus 2022 lokasi start dan finisnya berada di Stadion Kamboja Palembang,” kata dia.

Baca juga: Wali Kota ajak warga Surabaya semarakkan lomba perahu layar
Baca juga: Pemkot Jakpus gelar peragaan busana hingga musik meriahkan HUT RI
Baca juga: Mahasiswa KKN Muhammadiyah gelar lomba HUT ke-77 RI di Kuala Lumpur

 

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022