Natuna (ANTARA) - TNI Angkatan Laut menggelar bakti sosial sunatan massal dan donor darah di atas KRI di Pelabuhan Faslabuh TNI AL Selat Lampa, Sabang Mawang, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa dalam rangka HUT ke-77 TNI AL.

"Lanal Ranai bersama KRI Bontang dan KRI Kapitan Pattimura serta pemerintah daerah dari Kecamatan Pulau Tiga melaksanakan bakti kesehatan dalam rangka HUT TNI AL ke - 77," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bakti kesehatan ini dilaksanakan pertama kali di wilayah Sabang Mawang dan Selat Lampa dengan menggunakan KRI Bontang meliputi donor darah dan sunatan massal.

Baca juga: Lantamal gelar bakti kesehatan gratis peringati HUT ke-77 TNI AL

"Alhamdulillah donor darah sudah terdaftar 90 orang, namun sementara masuk kriteria 56 orang dan untuk sunatan massal khusus anak - anak Kecamatan Pulau Tiga yang mana awalnya 15 orang, namun karena antusias anak-anak untuk mengikuti khitanan massal bertambah menjadi 26 anak yang ikut dikhitan," kata Danlanal.

Ia juga mengatakan bertempat di geladak Master Point KRI Bontang - 907 kegiatan khitanan yang dilakukan oleh prajurit dari Balai Kesehatan Lanal Ranai, Prajurit KRI Bontang - 907, Puskesmas Pulau Tiga, Puskesmas Pulau Tiga Barat, Dinas Kesehatan dan PMI Pemda Natuna.

"Pendonor darah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut berasal dari unsur Forkopimcam dan masyarakat Pulau Tiga dan TNI diantaranya prajurit Lanal Ranai, prajurit KRI Bontang - 907, Prajurit KRI Kapitan Patimura - 371, Prajurit Satgas Kompi Komposit Marinir Setengar, dan personel Polair Polres Natuna," kata Danlanal.

Ia juga mengatakan khitanan dan donor darah merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut, tepatnya pada tanggal 10 September 2022.

"Tadi juga dilakukan 'vicon' bersama Bapak Kasal, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh jajaran TNI angkatan Laut di satuan masing-masing melaksanakan Bakti Kesehatan TNI AL dan menciptakan rekor MURI bakti sosial sunatan massal dan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022," kata Danlanal.

Baca juga: TNI AL dan Angkatan Laut Vietnam tutup Latma Codex 22B1 di Batam
Baca juga: Kasal tegaskan Angkatan Laut Indonesia sudah mendunia
Baca juga: TNI AL laksanakan Karya Bakti di NTB wujudkan Kampung Bahari Nusantara

Pewarta: Cherman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022