Kasus sapi kurban menjadi PR dan tunggakan kasus besar kami.
Bukittinggi (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bukittinggi, Polda Sumatera Barat masih melakukan pengejaran pelaku kasus penipuan hewan kurban saat Idul Adha lalu, dan optimis dapat menangkapnya.

Kapolres Bukittinggi AKBP Wahyuni Sri Lestari, di Bukittinggi, Senin, mengatakan meskipun terdapat beberapa halangan dalam pengungkapan kasus penipuan senilai Rp250 juta itu, pihaknya menargetkan pelaku sudah ditangkap sebelum Polres Bukittinggi resmi berganti menjadi polresta.

"Kasus sapi kurban menjadi PR dan tunggakan kasus besar kami. Saya tegaskan kepada kasatreskrim yang baru untuk memfokuskan ke kasus ini, sebelum resmi menjadi polresta, pelaku harus sudah ditangkap," katanya pula.

Hal itu ia sampaikan usai Upacara Pelepasan dan Mutasi tiga perwira tinggi di Polres Bukittinggi, Kasatreskrim, Kapolsek Tilatang Kamang, dan Kapolsek Palupuh yang resmi berganti.

"Dari perkembangan kini, pelaku tidak pernah menyalakan lagi ponselnya, tidak pernah berkomunikasi dengan keluarganya. Itu salah satu hambatan kami dalam melacak pelaku, tapi tetap kami optimis mengetahui keberadaannya," katanya.

Menurutnya, pelaku inisial ALD masih belum ditetapkan sebagai DPO, karena harus dilakukan pengembangan terlebih dahulu.

"Belum, kami harus melaksanakan pengecekan atau lidik dulu kepada tersangka kasus penipuan ini," katanya lagi.

Hingga saat ini, petugas kepolisian baru mengungkap mendapatkan petunjuk dari ditemukannya sepeda motor milik korban di daerah Tanah Datar.

Kasus sapi kurban terjadi di Kota Bukittinggi bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu (9/7).

Puluhan jamaah mengalami kerugian, karena hewan kurban yang telah dipesan dan dibayarkan tidak kunjung datang di hari penyembelihan.

Kerugian ada di Mushala Baitul Jannah dengan lima ekor sapi serta dua kambing, Alumni SMA 3 dengan lima ekor sapi, dan Mushala At Tawfik sebanyak dua ekor sapi serta RS Bunda dengan satu ekor sapi.

Kerugian ditaksir mencapai Rp250 juta. Pelaku yang sudah dilaporkan oleh masing-masing korban hingga saat ini menghilang dan belum terkejar oleh pihak kepolisian.
Baca juga: Polisi buru terlapor penipuan hewan kurban di Bukittinggi
Baca juga: Korban penipuan sapi kurban di Bukittinggi desak polisi tangkap pelaku

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022