Jakarta (ANTARA) - China naik ke posisi 11 dalam Indeks Inovasi Global (Global Innovation Index/GII) 2022 yang dirilis oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization/WIPO), naik satu peringkat dari GII 2021.

Kenaikan peringkat ini menandai peningkatan ke-10 berturut-turut China, yang membawanya ke puncak daftar 36 ekonomi berpenghasilan menengah ke atas, menurut Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China (China National Intellectual Property Administration/CNIPA) pada Kamis (29/9).

GII melacak tren inovasi global terbaru dan mengungkap ekonomi paling inovatif di dunia, memeringkat kinerja inovasi sekitar 130 negara, menurut WIPO.

Dalam hal subindikator input inovasi, China  menempati peringkat pertama dalam skala pasar domestik dan jumlah perusahaan yang menawarkan pelatihan formal, menurut laporan GII tahun ini.

Dalam hal subindikator output inovasi, China menempati peringkat pertama dalam hak paten berdasarkan asal, model utilitas berdasarkan asal, pertumbuhan produktivitas tenaga kerja, merek dagang berdasarkan asal dan ekspor barang kreatif, menurut laporan tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022