Sorong (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku berkoordinasi dengan jajaran kepolisian guna memastikan keamanan pendistribusian bahan bakar minyak ke wilayah Manokwari Selatan, menyusul terjadinya amuk massa yang menutup akses jalan setempat setempat terjadinya kecelakaan, Jumat.

Sejak Jumat pagi hingga malam hari ini akses jalan dari Manokwari menuju Kabupaten Manokwari Selatan dan sekitarnya ditutup oleh masyarakat setelah terjadi kecelakaan lalu lintas yang menewaskan salah seorang warga setempat.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun mengatakan penutupan akses jalan tersebut mengakibat Pertamina tidak dapat mendistribusikan BBM ke wilayah Manokwari Selatan sepanjang hari ini.

"Kami tidak dapat mengirimkan BBM ke empat SPBU dan 10 Pertashop di wilayah SP, Oransbari, dan Ransiki, Manokwari Selatan, karena aksi pemalangan jalan oleh masyarakat setempat," ujarnya

Edi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Manokwari Selatan atas tidak terdistribusinya BBM sepanjang hari ini karena situasi keamanan yang tidak memungkinkan.

Ia menambahkan bahwa Pertamina sudah melakukan koordinasi dengan aparat Kepolisian guna memastikan keamanan distribusi BBM ke wilayah Manokwari Selatan pada Sabtu (8/10) pagi.

"Apabila memungkinkan untuk didistribusikan maka pagi hari mobil tangki Pertamina langsung berangkat dari terminal Manokwari menuju ke SPBU dan Pertashop di wilayah Manokwari Selatan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Edi Mangun menyampaikan duka cita atas insiden kecelakaan yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan berharap segera ada jalan keluar untuk penyelesaian secara baik.

Sebelumnya, akses darat menuju Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Buntuni, dan Pegunungan Arfak lumpuh sejak Jumat pagi karena diblokade oleh warga Kampung Maripi Kabupaten Manokwari.
 
Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi Adam Erwindi yang dikonfirmasi membenarkan blokade jalur trans Papua Barat oleh warga berkaitan dengan peristiwa kecelakaan yang menewaskan satu pengendara sepeda motor.
 
"Informasi awal, warga kampung Maripi memblokade akses jalan karena salah satu warga mereka menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Kejadian itu sedang ditangani Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat," ujar Adam.
 
Peristiwa kecelakaan antara Mobil Toyota Avanza dengan sepeda motor Honda Sonic terjadi di Jalan Trikora Maripi, Kecamatan Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, sekira pukul 07.15 WIT. Akibat kecelakaan itu, pengemudi sepeda motor meninggal dunia, sementara pengemudi mobil Toyota Avanza sudah diamankan polisi untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022