Sampang (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan kepada nelayan Kabupaten Sampang, Jawa Timur untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan nelayan.

Sebanyak 320 unit alat penangkapan ikan disalurkan kepada enam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan. Program bantuan nelayan ini sejalan dengan misi KKP yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan yang sejahtera, maju dan mandiri.

ANTARA/KKP

ANTARA/KKP

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini Hanafi mengatakan pemberian bantuan alat penangkapan ikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh nelayan agar dapat membantu mendongkrak perekonomian keluarga mereka.

"Pemerintah hanya memberikan fasilitas saja, yang dapat merubah keadaan bapak-bapak nelayan menjadi lebih baik tentu adalah bapak-bapak sendiri, seperti firman Allah dalam surat Ar-Ra'd ayat 11: ’Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri’,” kata Zaini dalam sambutannya, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut Zaini mengatakan menjadi nelayan adalah pekerjaan yang mulia karena nelayanlah yang menangkap ikan di laut untuk dapat dinikmati oleh tiap orang sebagai sumber makanan yang berprotein tinggi dan menyehatkan. Sehingga, sudah selayaknya nelayan mendapatkan perhatian khusus agar lebih maju.

Untuk mewujudkan hal tersebut, KKP akan mengidentifikasi Pulau Mandangin sebagai kampung nelayan maju (KALAJU). “Kita akan tinjau lebih lanjut untuk penetapan ini,” ujar Zaini.

Selain alat penangkapan ikan, pada kegiatan tersebut juga disalurkan pula bantuan sebanyak 400 paket perbekalan melaut untuk nelayan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sampang, Slamet Junaidi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada KKP yang peduli terhadap kesejahteraan nelayan khususnya nelayan di Kabupaten Sampang.

Dia berharap nelayan bersungguh-sungguh memanfaatkan bantuan yang telah diberikan agar bisa menjadi pendongkrak ekonomi para nelayan.

"Saya percaya kemajuan Kabupaten Sampang ini bukan hanya ada di tangan Pemerintah Daerah saja, tapi juga ada di tangan bapak-bapak sekalian," tukasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022