Medan (ANTARA News) - Menjelang Tahun Baru 2014, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) siap menghadapi lonjakan arus barang dan penumpang, seperti yang terjadi tahun sebelumnya.

Humas Pelindo I, M.Eriansyah di Medan, Kamis, mengatakan, puncak arus penumpang biasanya jelang awal dan setelah libur tahun 2014.

Pada waktu tersebut, menurut dia, Pelindo I akan memfokuskan pelayanan untuk menjamin kelancaran, meskipun arusnya padat.

"Untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pelindo I mengelola Terminal Penumpang di Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Gunung Sitoli, Pelabuhan Sibolga dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan," ucap Eriansyah.

Dia menyebutkan, estimasi angkutan Tahun Baru 2014 diperkirakan akan naik 5 persen, dibandingkan tahun lalu periode yang sama untuk wilayah Sumut.

Bahkan, jelasnya, menyikapi kondisi tersebut, Pelindo I telah mempersiapkan fasilitas Embarkasi dan Debarkasi penumpang yang meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang.

Pihaknya juga telah mempersiapkan gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan, serta rambu-rambu petunjuk arah embarkasi/debarkasi penumpang.

"Selain fasilitas utama tersebut, Pelindo I juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti kapal pandu dan kapal tunda," ucap Eriansyah.

Dia menambahkan, untuk wilayah kerja Pelindo I di Sumut, pemantauan Angkutan Tahun Baru 2014 dilakukan Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai Asahan, dan Sibolga/Gunung Sitoli mulai 16 Desember 2013 sampai 10 Januari 2014.

Dalam pelaksanaan operasional, Pelindo I membentuk posko monitoring bersama dengan instansi lain yaitu Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Polri, TNI, AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan yang dikoordinir oleh Syahbandar.

"Tugas Posko monitoring adalah pemantauan kegiatan embarkasi dan debarkasi, bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, pusat pengendalian trafik dan informasi pelaporan,"kata Eriansyah.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013