... Saya sudah menjadi kakek untuk kelima kalinya, maka saya tahu apa yang saya bicarakan... "
New York (ANTARA News) - Gitaris Rolling Stones, Keith Richards, akan segera menerbitkan buku anak-anak bergambar dengan ilustrasi dikerjakan putrinya sendiri, Theodora Richard.

Buku berjudul Gus dan Aku: Kisah Tentang Kakek dan Gitar Pertamaku menceritakan kenangan ketika Richard diperkenalkan pada musik dan mendapat hadiah gitar pertama dari kakeknya.

Edisi perdana dengan sampul tebal akan beredar mulai 9 September tahun ini.

"Gus dan Aku mengundang pembaca memasuki masa penting ketika Keith pertama kali memegang gitar di tangannya," kata Megan Tingley, wakil presiden eksekutif dan penerbit Little, Brown Books for Young Readers.

Dalam memoarnya, Life, Richard juga menyebut peran kakeknya -- anggota kelompok band Big Jazz -- Theodore Augustus Dupree, yang dikenal dengan sebutan Gus, dalam perjalanan hidupnya.

Pada buku laris itu, Richard (70) menjelaskan secara rinci perjalanan hidupnya dari sosok pemalu, satu-satunya anak di London yang ikut mendirikan Rolling Stones pada 1962 hingga menjadi bintang rock and roll yang terus bertahan.

"Saya sudah menjadi kakek untuk kelima kalinya, maka saya tahu apa yang saya bicarakan," kata Richard mengenai buku anak-anak.

"Ikatannya adalah ikatan khusus antara anak-anak dengan kakek-nenek yang khas dan harus dihargai. Ini adalah cerita mengenai saat-saat yang menakjubkan."

Buku Gus dan Aku ditulis Barnaby Harris dan Bill Shapiro akan dilengkapi dengan goresan gambar dengan tinta ataupun pensil karya Theodora --namanya memakai nama kakek buyutnya -- serta sejumlah foto dari koleksi keluarga Richard.

Untuk edisi sampul tebal akan disertai bonus berupa CD mengenai isi buku.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014