Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat mendapat penghargaan pada peringatan ASEAN Day for Disaster Management.

"PKPU mendapatkan penghargaan karena terlibat aktif dalam penanganan bencana yang terjadi di Indonesia maupun luar negeri," kata Manajer PKPU Sukismo melalui siaran persdi Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan ADDM yang diperingati setiap tahun pada 13 Oktober, dan bertepatan juga dengan International Day for Disaster Reduction (IDDR), memberikan penghargaan kepada individu dan lembaga atau komunitas yang aktif terlibat dalam penanggulangan bencana.

"Lembaga kemanusiaan yang selama ini turut berperan mengatasi dan ikut dalam penanggulangan bencana, baik di dalam negeri maupun luar negeri, dinilai sangat penting dan patut mendapatkan penghargaan," katanya.

Dia menambahkan, ada empat nama yang muncul dari hasil seleksi, sebagai penerima Penghargaan Ketahanan Masyarakat yang diajukan oleh lembaga atau komunitas.

Mereka adalah Paul Chiew Choi Yun dari Brunei Darussalam, Muhammad Jawad dari  Indonesia (dari disaster risk management - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU), Erwin de Rama asal Filipina, dan Boonpeng In-Kaew dari Thailand.

Penghargaan tersebut, kata dia, telah mendorong PKPU untuk terlibat lebih aktif dalam penanganan bencana baik di dalam maupun luar negeri.

"Ini sesuai tema yang diusung tahun 2014 ini yakni mendorong elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang akan mempersiapkan lingkungan dan masyarakat meminimalisir dampak negatif dari bencana alam," katanya.
(W004/N002)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014