Jakarta (ANTARA News) - Operator telekomunikasi XL Axiata berkomitmen terhadap konten lokal dengan membuat "Gudang Aplikasi" yang telah dirilis awal 2014 lalu.

Menurut Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini, konten merupakan bagian dari ekosistem yang tak kalah penting dari perangkat. Ia juga menyebut bahwa konten merupakan salah satu alasan utama konsumen menggunakan mobile broadband service.

"Sebagai network provider kami harus lebih kreatif dan inovatif dengan berkolaborasi membuka pintu lebar terhadap penyedia konten," kata dia dalam seminar broadband di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan survei XL terhadap konsumen, Dian mengatakan bahwa konsumen masih belum puas dengan toko aplikasi internasional seperti Google Play Store dan Apple App Store. Mereka menginginkan aplikasi yang memberikan konten lokal.

"Kami mendesain UI (user interface) yang mudah dan cocok untuk konsumen Indonesia, kemudian melakukan uji coba, jika belum sesuai kami perbaiki," ujar Dian.

Dian mengatakan, sistem pembayaran aplikasi juga disesuaikan dengan konsumen yang menawarkan kemudahan pembayaran seperti dengan pulsa, kartu kredit, maupun debit.

"Diharapkan dengan ini lebih banyak lagi pengembang lokal yang bergabung," kata Dian.

"Kami juga mengimbau bantu bersama supaya lebih banyak lagi (local developer) yang bisa tumbuh," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015