Masa jabatan rektor lama akan berakhir november mendatang, untuk itu senat universitas telah menyusun kepanitiaan dan rencana untuk pemilihan rektor baru,"
Padang (ANTARA News) - Civitas Akademika Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, segera melakukan pemilihan rektor baru periode 2015-2019.

"Masa jabatan rektor lama akan berakhir november mendatang, untuk itu senat universitas telah menyusun kepanitiaan dan rencana untuk pemilihan rektor baru," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unand, Firman Hasan di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan saat ini panitia yang terdiri atas anggota senat dan tenaga kependidikan sedang menunggu bakal calon yang akan mendaftar untuk bertarung dalam pemilihan tersebut.

Kriteria calon yang dapat ikut pemilihan ini katanya, dosen Unand, memiliki pangkat minimal Lektor Kepala serta memiliki pengalaman dalam manajerial selama dua tahun.

Saat ini sebutnya sekitar 266 dosen di Unand yang memiliki kualifikasi tersebut dapat mendaftar dan mengikuti pemilihan yang dibuka hingga 12 juni mendatang, imbuhnya.

"Sistem pemilihan mengikuti sistem pemilu atau pilkada negara, namun dengan berbagai tingkatan," katanya.

Untuk tingkatan pertama kata dia, pemilihan dilakukan di kalangan dosen se-Unand dengan sistem pemungutan suara.

Dimana dosen tersebut merupakan asli mengajar di Unand serta telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional.

Kemudian nama yang terpilih tiga besar akan dibawa ke sidang senat yang selanjutnya dikirim kepada Kementerian Riset Teknologi dan Dikti, imbuhnya.

Namun demikian kata Firman pemilihan di tingkat dosen ini dapat dilakukan bila bakal calon rektor lebih dari lima orang.

Jika hanya terdiri kurang atau lima orang pemilihan hanya akan berlangsung di tingkat Universitas dengan melibatkan anggota senat saja, ucapnya.

"Sejauh ini belum ada calon yang pasti , diperkirakan akan muncul pada tenggat dua atau tiga hari menjelang penutupan pendaftaran," ujarnya.

Sementara itu Salah satu alumni Pascasarjana Unand, Agus Suprapto mengatakan bahwa siapapun rektor yang terpilih mampu memberikan yang terbaik untuk Unand.

Sebab menurutnya kinerja Rektor saat ini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Seperti pembangunan rumah sakit, gedung baru dan tempat pengelolaan sampah terpadu.

Dia berharap rektor baru mendatang dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas Unand di dunia pendidikan tinggi.

Pewarta: Denya Utama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015