Padang (ANTARA News) - Sejumlah calon rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjanjikan akan memperkuat atmosfer akademik di kampus tersebut bila terpilih pada periode 2015-2019.

"Penguatan atmosfer akademik ini tentunya akan dilakukan secara humanis atau kekeluargaan agar tercipta keharmonisan," kata salah satu calon yang merupakan satu-satunya wanita Marlina, di Padang, Selasa.

Menurutnya selama ini atmosfer akademik di Unand masih lemah karena adanya batasan antara satu dosen dengan mahasiswa.

Disamping itu banyak dosen yang tidak terlalu peduli dengan mahasiswanya dan ajarannya, akibatnya keduanya hanya memenuhi sistem Kredit Semester mendatang.

Selain itu peranan Pembimbing Akademik atau PA saat ini mulai hilang, akibatnya banyak mahasiswa tidak terkontrol.

Untuk menanggulangi hal tersebut kata Marlina yakni dengan cara kembali menghidupkan peranan PA tersebut.

Dengan begitu mahasiswa dapat kembali memiliki pegangan hidup di kampus, terutama terkait perjuangan akademiknya.

Hal lain yang perlu dilakukan kata Marlina jika dirinya nanti terpilih menjadi rektor yakni pendekatan secara kekeluargaan kepada dosen yang dikatakan "kurang".

Artinya minim melakukan tridharma perguruan tinggi semisal penelitian atau pengabdian masyarakat dan hanya cenderung untuk mengajar, ucapnya.

Sementara itu rektor Unand Werry Darta Taifur yang mencalonkan diri kembali mengatakan bila terpilih kembali akan memperkuat atmosfer akademik dengan pengembangan sumber daya pengajar.

Dalam hal ini katanya pengajar yang masih rendah pendidikannya akan dibukakan kesempatan seluas-luasnya untuk melanjutkan kuliah hingga doktor.

Kemudian para dosen tersebut juga akan diberikan "soft skill" dan keterampilan lainnya melalui pengembangan di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), imbuhnya.

Sebab katanya salah satu ciri perguruan tinggi yang baik yakni memiliki kualitas sumber daya dosen yang bermutu, untuk implementasi menciptakan mahasiswa yang berdaya saing tinggi.

Selain itu Werry juga berupaya menjadikan penguatan atmosfer akademik ini juga berimplikasi dalam upaya Unand menjadi Perguruan Tinggi berbadan Hukum.

Disisi lain salah seorang warga yang tinggal di kampus Yanti berharap bahwa rektor mendatang dapat mampu mengembangkan kampusnya dengan masyarakat sekitar, seperti apa yang telah dilakukan rektor saat ini. 

Pewarta: MR Denya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015