Ini adalah untuk yang ketiga kalinya beliau mendapatkan gelar doktor honoris causa."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI periode 2001-2004 yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Korea Maritime and Ocean University atas dedikasi dan pengabdiannya di bidang politik.

"Ini adalah untuk yang ketiga kalinya beliau mendapatkan gelar doktor honoris causa," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Sabtu.

Gelar doktor kehormatan dari salah satu universitas kenamaan di Korea Selatan itu akan diberikan pada Senin (19/10) di Kota Busan.

Hasto mengungkapkan, doktor honoris causa yang pertama kali diterima Megawati pada 2001 dalam bidang hukum dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang.

Kemudian penghargaan gelar doktor honoris causa yang kedua bagi Megawati dari Moscow State Institute of International Relation, Moskow, Rusia, dalam bidang politik atas jasanya mengembangkan sikap saling pengertian antar-bangsa dan interaksi antar peradaban.

"Kali ini atau untuk yang ketiga kalinya, Korea Maritime and Ocean University memberikan gelar doktor kehormatan dalam bidang politik," ujar Hasto.

Menurut dia, universitas tersebut telah memberikan kontribusi besar menjadikan Korea Selatan sebagai negara transportasi maritim terbesar kelima sedunia.

Dalam perhelatan gelar di kota Busan itu, Megawati akan ditemani putranya, Mohamad Rizky Pratama dan fungsionaris DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira bersama mantan Menteri Kelautan Rokhmin Dahuri.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015