Kepada Perdana Menteri Josaia Bainimarama dan Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola saya sampaikan bahwa kami akan konsisten hadir di wilayah ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan, pemerintah Indonesia konsisten hadir di kawasan Pasifik Selatan dengan lebih mengutus menteri atau utusannya berkunjung ke 16 negara di kawasan itu.

"Kepada Perdana Menteri Josaia Bainimarama dan Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola saya sampaikan bahwa kami akan konsisten hadir di wilayah ini," kata Menkopolhukam, dalam kunjungannya ke Fiji, Kamis.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis malam, Luhut menyampaikan bahwa dari rangkaian pertemuannya dengan PM Bainimarama, Menteri Pertanian, Pemukiman, Maritim dan Penanggulangan Bencana Ina Seriaritu serta dalam jamuan makan siang dengan Menteri Kubuabola, kembali ditegaskan tentang komitmen Indonesia untuk membantu dan bekerja sama dengan Fiji di bidang ekonomi, perikananan, pertanian, militer, budaya dan militer.

Kerja sama militer dalam bentuk manajemen pengelolaan bencana seperti pelatihan menghadapi kondisi bencana dan dalam penjaga perdamaian.

"Saya harap Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan bisa segera datang ke sini untuk merealisasikan kerja sama tersebut. Hal ini penting untuk menunjukkan keseriusan Indonesia," kata Luhut.

Terkait isu Melanesian Spearhead Group (MSG), Luhut mengatakan bahwa hal itu juga disinggung dalam pertemuannya dengan Menlu Kubuabola. Dalam pertemuan tersebut Menteri Kubuabola mengatakan niat pemerintah Fiji untuk mengusulkan agar status Indonesia di MSG dapat ditingkatkan dari Associate Member menjadi Full Member, yang akan memperkuat posisi Indonesia di kelompok negara-negara Melanesia tersebut.

Menanggapi hal itu, Menteri Luhut mengatakan akan melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo, dan akan membicarakannya dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sesampainya di Jakarta nanti.

Setelah menyelesaikan rangkaian pertemuan di Fiji, hari Kamis petang waktu setempat Menkopolhukam meninggalkan Suva menuju Port Moresby untuk melakukan kunjungan resmi ke Papua Nugini selama dua hari.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016