Kemarin, pemeriksaan perdana Setnov hingga Gunung Agung meletus

Kemarin, pemeriksaan perdana Setnov hingga Gunung Agung meletus

Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/11/2017). Ketua DPR tersebut menjalani pemeriksaan perdana usai ditahan oleh KPK terkait dugaan korupsi proyek KTP elektronik. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA News) - Setya Novanto menjalani pemeriksaan perdana pasca-penahanan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Gunung Agung di Karangasem, Bali, meletus dengan menyemburkan abu kelabu menjadi topik pemberitaan pada Selasa (21/11) kemarin.

Setya Novanto diperiksa sebagai tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi dalam proyek pengadaan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP-elektronik).

"Setya Novanto diagendakan diperiksa sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa.

Setya Novanto tiba di gedung KPK Jakarta sekitar pukul 10.25 WIB dengan dituntun seorang petugas KPK untuk masuk ke gedung dan naik ke lantai dua untuk menjalani pemeriksaan. Namun ia tidak menyampaikan keterangan apa pun mengenai pemeriksaannya kali ini.

Gunung Agung meletus dalam status siaga


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Agung di Karangasem, Bali, meletus dengan menyemburkan abu berwarna kelabu berketinggian sekitar 700 meter di atas puncak pada Selasa (21/11) pukul 17.05 Wita.

Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana menjelaskan abu letusan bertiup lemah ke arah timur-tenggara.

"Masyarakat agar tetap tenang namun agar senantiasa mengikuti rekomendasi PVMBG dalam status level III siaga," ucapnya.

Presiden akan berkantor di Bogor pada Desember

Presiden Joko Widodo dipastikan akan berkantor di Istana Kepresidenan Bogor selama Desember 2017 hingga revonasi drainase di Istana Kepresidenan Jakarta rampung.

Staf Khusus Presiden Johan Budi saat ditemui di Halaman Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa sore, mengatakan sesuai informasi protokol Kepresidenan maka selama Desember 2017, Presiden akan lebih banyak melakukan kegiatan di Istana Kepresidenan Bogor.

"Alasannya pada bulan Desember sedang dalam-dalamnya renovasi drainase. Itu perkiraannya 3-4 minggu," kata Johan Budi.

Kahiyang Ayu resmi bermarga Siregar

Anak perempuan Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, yang telah menjadi istri Bobby Afif Nasution, resmi bermarga Siregar setelah menjalani upacara adat penganugerahan marga di Kota Medan, Selasa.

Upacara "mangelehan marga" di rumah Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Afif Nasution, di Jalan Suka Tangkas, Lingkungan 13, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Medan Johor, diawali dengan penghadapan keluarga Bobby Afif Nasution ke para raja adat dari berbagai "luat" (kerajaan) untuk memohon pemberian marga Siregar bagi menantu mereka, Kahiyang Ayu.

Etnis Mandailing sepakat beri marga untuk Jokowi

Sejumlah tokoh etnis Mandailing Sumatera Utara sepakat untuk memberikan marga bagi Presiden Joko Widodo setelah penganugerahan marga Siregar untuk anaknya Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Afif Nasution.

Seusai upacara adat pemberian gelar Siregar kapada Kahiyang Ayu di Medan, Selasa, Menko Perekonomian Darmin Nasution yang menjadi perwakilan tokoh adat dan keluarga Bobby Afif Nasution mengatakan, hampir semua pihak setuju mengenai rencana pemberian marga untuk Presiden Jokowi tersebut.

"Semua setuju, tapi kita cari waktu yang lain," katanya. Memang, kata Darmin, orang lain atau pihak keluarga yang menikah dengan etnis Mandailing sangat dianjurkan untuk diberikan marga tertentu.

Kontrak Indra Sjafri latih timnas U-19 tak diperpanjang

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Indra Sjafri sebagai pelatih tim nasional U-19 Indonesia.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa, menyebut bahwa meski tidak lagi melatih Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan, Indra akan diberikan tugas baru di PSSI.

"Kami tetap akan bekerja sama dengan pelatih Indra di federasi untuk membangun sepak bola nasional. Ini merupakan tugas dan tantangan yang jauh lebih besar," kata Ratu.

Zimbabwe punya presiden baru, Emmerson Mnangagwa

Mantan wakil presiden Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa, akan disumpah menjadi presiden negeri itu Rabu atau Kamis, kata sekretaris hukum ZANU-PF Patrick Chinamasa kepada Reuters.

Kursi presiden Zimbabwe lowong setelah Robert Mugabe mengundurkan diri kemarin.

Secara terpisah, ketua ZANU-PF Lovemore Matuke berkata kepada Reuters bahwa Mnangagwa akan disumpah dalam waktu 48 jam dan bahwa di akan mengisi sisa jabatan Mugab sampai Pemilu tahun depan yang digelar pada September 2018.

Robert Mugabe, Selasa, akhirnya mundur dari jabatan presiden Zimbabwe, tak lama setelah parlemen memulai proses pemakzulan untuk mengakhiri era kekuasaannya selama hampir empat puluh tahun.

Pewarta : Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2017