BMKG menginformasikan peringatan dini Tsunami berakhir

BMKG menginformasikan peringatan dini Tsunami berakhir

Ilustrasi Gempa Bumi (Antaranews/Grafis)

Banjarnegara (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa peringatan dini Tsunami pascagempa Tasikmalaya, Jawa Barat, telah berakhir.

"Peringatan dini Tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 6,9 SR dinyatakan telah berakhir," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Sabtu dini hari.

Sebelumnya, Setyoajie mengatakan bahwa terkait waktu pengakhiran potensi tsunami dilakukan setelah semua dipastikan aman sesuai hasil analisa BMKG dan prosedur operasi (SOP) yang berlaku di National Tsunami Services Provider (NTWC).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya gempa berpotensi Tsunami yang dirasakan di sejumlah wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta pada Jumat (15/12) malam.

Gempa tersebut berkekuatan 6,9 SR dengan episentrum di laut selatan Jawa Barat.

Lokasi gempa berada di 11 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya, 45 kilometer barat daya Kota Tasikmalaya, 47 kilometer tenggara Garut, 107 kilometer tenggara Bandung, dan 226 kilometer tenggara Jakarta.
Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017