Karangasem, Bali (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali meletus dengan menyemburkan abu hingga ketinggian kolom 2,5 kilometer.

Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana di Pos Pengamatan Gunung Agung, Karangasem, Kamis, menjelaskan erupsi yang terjadi sekitar pukul 17.54 WITA itu mengeluarkan asap bercampur abu bertekanan sedang serta berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas tebal.

Abu gunung tersebut diperkirakan condong mengarah ke utara dan timur laut mengikuti arah angin.

PVMBG merekam terjadi satu kali letusan dengan amplitudo 27 mm berdurasi 130 detik dan empat kali hembusan dengan amplitudo 7-20 mm berdurasi 20-24 detik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan hujan abu diperkirakan jatuh di beberapa daerah terdekat di sebelah utara hingga timur laut dari Gunung Agung.

Sebaran hujan abu tidak jauh dari Gunung Agung karena tinggi kolom erupsi hanya 2.500 meter.

"Informasi dari Pasebaya hujan abu vulkanik tipis telah terjadi di Tulamben, Rubaya, dan Dukuh Kubu. Aktivitas masyarakat normal. Tidak ada kepanikan di masyarakat," ucap Sutopo.

BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang di tengah aktivitas vulkanik Gunung Agung masih cukup tinggi dan berstatus Awas sehingga masih dimungkinkan terjadi erupsi dan hembusan.

Pihaknya meminta masyarakat tetap mentaati rekomendasi pemerintah bahwa tidak melakukan aktivitas apapun di dalam radius 6 kilometer dari puncak kawah.

Hingga saat ini sebanyak 53.207 jiwa masyarakat masih mengungsi yang tersebar di 233 titik pengungsian di seluruh Bali.

Sementara itu kondisi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap aman dan normal beroperasi.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018