Cirebon (ANTARA News) - Jalur kereta dari Cirebon ke Purwokerto tepatnya di antara Stasiun Ciledug-Ketanggungan tidak bisa dilalui, karena tertutup banjir luapan dari sungai Cisanggarung.

"Rel keretanya tertutup banjir, akibat luapan sungai Cisanggarung dan kereta tidak bisa lewat," kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Jumat.

Kris mengatakan kejadian itu diketahui pada Jumat (23/2) dinihari, dimana sungai Cisanggarung meluap yang mengakibatkan jalur tertutup banjir.

"Kita memperoleh informasi dari warga sekitar jam 00.30 WIB," tuturnya.

Kemudian kata Kris, pada sekitar jam 00.44 jalur tersebut masih bisa dilewati, namun kecepatan dititik banjir dikurnagi hanya 10 kilometer perj am untuk jalur hulu dan jalur hilir 20 kilometer per jam.

Selanjutnya sekitar jam 01.52 WIB diterima informasi genangan air meluap mendekati ban atau batu balas kricak landasan jalur dan kecepatan masih sama 10 kilometer per jam.

"Dan pada jam 02.00 WIB jalur hulu dipasang semboyan 3 atau jalur tidak aman dilewati, sedangkan jalur hilir masih bisa dilewati dengan kecepatan 10 kilometer per jam," ujarnya.

"Kemudian pada jam 02.45 WIB kedua jalur KA dinyatakan tidak aman atau tidak bisa dilewati," katanya lagi.

Akibat kejadian tersebut kata Kris ada beberapa kereta yang terlambat kedatangannya dan saat ini untuk kereta arah Cirebon-Purwokerto maupun sebaliknya dialihkan melalui jalur utara.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018